Siapakah Stefanus? Agama Katolik Kelas 11 SMA/SMK

Siapakah Stefanus?

Jawaban:

Stefanus adalah seorang diakon, pemberani, penuh Roh Kudus, dan martir pertama dalam Kekristenan. Dia dihormati sebagai santo dan protomartir. Stefanus dengan berani memberitakan Injil dan menunjukkan kasih Kristus kepada orang lain, bahkan ketika dia dianiaya dan dirajam sampai mati.

Penjelasannya:

Stefanus merupakan sosok penting dalam Kekristenan, dikenal sebagai martir pertama dan santo dengan gelar protomartir, yang berarti "saksi pertama". Kisah hidupnya diceritakan dalam Kitab Suci, Kisah Para Rasul 6:8-8:1a.

Stefanus memiliki beberapa peran penting. Pertama, dia adalah salah satu dari tujuh diakon yang dipilih oleh para rasul untuk melayani jemaat di Yerusalem. Dia bertanggung jawab untuk membantu distribusi makanan dan kebutuhan lainnya kepada para janda dan orang miskin.

Kedua, Stefanus dikenal sebagai seorang yang berani dan penuh Roh Kudus. Dia tidak takut untuk memberitakan Injil kepada orang-orang Yahudi, bahkan ketika mereka menentangnya. Stefanus dengan berani menyatakan bahwa Yesus adalah Mesias.

Ketiga, keberaniannya dalam menyebarkan Injil membuatnya dianiaya oleh orang-orang Yahudi. Dia dituduh menghujat Allah dan Bait Suci. Akibatnya, Stefanus dirajam sampai mati dan menjadi martir pertama dalam Kekristenan.

Kisah Stefanus menjadi teladan bagi semua orang Kristen. Dia menunjukkan kepada kita apa artinya menjadi saksi Kristus, bahkan ketika menghadapi bahaya dan kesulitan. Stefanus adalah contoh bagaimana hidup dalam iman dan berani untuk membela kebenaran.

Komentar