Siapa Yesus Menurut Natanael?

Siapa Yesus menurut Natanael?

Jawaban:

Menurut Natanael, Yesus adalah Mesias, Anak Allah, dan Raja orang Israel. Keyakinannya didasari oleh kesaksian Filipus, perkataan Yesus, dan keyakinan pribadinya.

Penjelasannya:

Berdasarkan teks Yohanes 1:43-51, Natanael memiliki dua pengakuan penting tentang Yesus. Pertama, dia menyebut Yesus sebagai "Rabi, Engkau Anak Allah". Pengakuan ini menunjukkan bahwa Natanael percaya Yesus memiliki hubungan istimewa dengan Allah, bahkan sebagai Anak Allah. Hal ini menunjukkan bahwa Natanael melihat Yesus sebagai sosok yang lebih dari sekadar manusia biasa, melainkan memiliki sifat ilahi.

Kedua, Natanael juga menyatakan "Engkau Raja orang Israel". Pengakuan ini menunjukkan bahwa dia percaya Yesus adalah Mesias yang dinanti-nantikan oleh bangsa Israel. Mesias diyakini sebagai pemimpin yang akan membebaskan Israel dari penjajahan Romawi dan membawa kedamaian.

Keyakinan Natanael tentang Yesus didasari oleh beberapa faktor. Pertama, dia mendengar kesaksian Filipus yang sebelumnya telah memberitahu tentang Yesus sebagai Mesias yang dinubuatkan dalam Taurat dan para nabi. Kedua, dia terkesan dengan perkataan Yesus yang menunjukkan pengetahuan supernatural, seperti mengetahui bahwa Natanael berada di bawah pohon ara sebelum Filipus memanggilnya. Ketiga, Natanael sendiri kemungkinan besar sudah memiliki pengetahuan tentang Mesias dan menantikan kedatangannya. Ketika bertemu Yesus, dia melihat tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Yesus adalah Mesias yang dinanti-nanti.

Komentar