Siapa yang Dimaksud “mereka” dalam Kutipan Tersebut?

Siapa yang dimaksud “mereka” dalam kutipan tersebut?

Jawaban:

Kata "mereka" dalam kutipan Yohanes 15:9-17 dan 17:9-19 merujuk kepada para murid dan pengikut setia Yesus. Hal ini terlihat dari Yesus yang menyebut mereka sebagai "kamu" dan "sahabat" dalam Yohanes 15:15, serta fokus doa-Nya dalam Yohanes 17:9-19 yang ditujukan untuk "mereka".

Penjelasannya:

Dalam kutipan Yohanes 15:9-17 dan 17:9-19, kata "mereka" merujuk kepada para murid dan pengikut setia Yesus. Hal ini terlihat dari beberapa indikasi.

Pertama, Yesus berulang kali menggunakan kata "kamu" saat berbicara tentang kasih dan perintah-Nya kepada mereka dalam Yohanes 15:9-17. Ini menunjukkan bahwa Yesus menjalin hubungan yang dekat dan personal dengan para murid-Nya.

Kedua, di ayat 15, Yesus secara eksplisit menyebut para murid-Nya sebagai "sahabat". Ini merupakan pernyataan yang sangat signifikan, karena menunjukkan bahwa Yesus tidak hanya menganggap mereka sebagai pengikut, tetapi juga sebagai teman dekat yang terpercaya.

Ketiga, dalam Yohanes 17:9-19, Yesus memfokuskan doa-Nya kepada "mereka". Dia memohon kepada Bapa-Nya untuk melindungi, menyatukan, dan menguduskan mereka. Ini menunjukkan bahwa Yesus sangat peduli dengan kesejahteraan para murid-Nya dan ingin mereka bertumbuh dalam iman dan kasih.

Berdasarkan semua indikasi ini, jelaslah bahwa kata "mereka" dalam kedua kutipan tersebut merujuk kepada para murid dan pengikut setia Yesus. Yesus memiliki hubungan yang istimewa dengan mereka, dan Dia sangat mengasihi dan memperhatikan mereka.

Komentar