Siapa Saja yang Dianggap Terlibat/Bertanggung Jawab atas Kematian Yesus?

Siapa saja yang dianggap terlibat/bertanggung jawab atas kematian Yesus?

Jawaban:

Orang-orang yang terlibat/bertanggung jawab atas kematian Yesus adalah Yudas Iskariot, imam-imam kepala, tua-tua, ahli Taurat, Pilatus, dan orang banyak. Yudas mengkhianati Yesus, imam-imam kepala berkomplot untuk membunuhnya, Pilatus menjatuhkan hukuman mati, dan orang banyak terhasut untuk menuntut penyaliban Yesus.

Penjelasannya:

Dalam Injil Markus pasal 14 dan 15, beberapa orang digambarkan terlibat dalam kematian Yesus. Yudas Iskariot, salah satu murid Yesus, berkhianat dengan menyerahkan Yesus kepada imam-imam kepala. Para imam kepala, tua-tua, dan ahli Taurat yang iri dan ingin membunuh Yesus, kemudian mencari kesaksian palsu untuk menghukumnya mati.

Pilatus, gubernur Romawi yang berwenang menjatuhkan hukuman mati, mengetahui bahwa Yesus tidak bersalah. Namun, karena didesak oleh orang banyak yang dihasut oleh para imam kepala, Pilatus akhirnya menyerahkan Yesus untuk disalibkan.

Orang banyak yang terhasut oleh para imam kepala pun meneriakkan "Salibkan Dia!".

Meskipun semua orang ini berperan dalam kematian Yesus, teks tersebut menunjukkan bahwa kematian Yesus adalah penggenapan rencana Allah. Pada akhirnya, mereka tidak bisa menghalangi kehendak Allah.

Komentar