Sebutkan dan Jelaskan Ketujuh Sakramen Gereja

Sebutkan dan jelaskan ketujuh sakramen Gereja!

Jawaban:

Ketujuh sakramen Gereja Katolik adalah sebagai berikut:

1. Sakramen Baptis menandakan kelahiran kembali sebagai orang Kristen, pengampunan dosa asal dan dosa-dosa pribadi, serta menjadi anggota Gereja. Sakramen ini diterima dengan cara dibaptiskan dengan air. Baptis hanya diterima sekali seumur hidup.

2. Sakramen Krisma merupakan penguatan Roh Kudus untuk menjadi saksi Kristus yang dewasa dan berani dalam iman. Sakramen ini diterima dengan pengurapan minyak krisma di dahi dan hanya diterima sekali seumur hidup.

3. Sakramen Ekaristi merupakan perayaan kurban Yesus Kristus yang mempersembahkan diri-Nya kepada Bapa untuk keselamatan manusia. Umat menerima Tubuh dan Darah Kristus dalam roti dan anggur yang dikonsekrasi. Dianjurkan untuk menerima Ekaristi secara rutin, minimal sekali setahun.

4. Sakramen Tobat merupakan pengampunan dosa-dosa yang telah dilakukan setelah Sakramen Baptis. Dilakukan dengan pengakuan dosa kepada imam dan menerima absolusi. Sakramen Tobat dilakukan setiap kali berbuat dosa berat.

5. Sakramen Pengurapan Orang Sakit memberikan kekuatan dan penghiburan bagi orang yang sakit parah, serta pengampunan dosa. Sakramen ini diterima dengan pengurapan minyak suci pada bagian tubuh yang sakit. Pengurapan Orang Sakit diterima ketika sakit parah atau menjelang kematian.

6. Sakramen Imamat merupakan penahbisan seseorang untuk menjadi pelayan Gereja, seperti diakon, imam, dan uskup. Sakramen ini diterima dengan penumpangan tangan oleh uskup dan hanya diterima oleh laki-laki yang memenuhi persyaratan.

7. Sakramen Perkawinan merupakan ikatan kudus antara pria dan wanita yang tak terceraikan untuk saling mengasihi dan membangun keluarga. Sakramen ini diterima dengan upacara pernikahan di hadapan imam dan saksi. Perkawinan hanya diterima sekali seumur hidup.

Komentar