Nubuat Para Nabi Apa Saja yang Terlihat dalam Kisah Sengsara dan Wafat Yesus?

Nubuat para Nabi apa saja yang terlihat dalam Kisah Sengsara dan Wafat Yesus?

Jawaban:

Nubuat para nabi tentang sengsara dan wafat Yesus terlihat dalam berbagai peristiwa, seperti pengkhianatan oleh Yudas (Mazmur 41:9, Zakharia 13:7), penderitaan Yesus (Yesaya 53:3-5), penyaliban (Mazmur 22:16-18), kematian (Mazmur 31:5), dan kebangkitan (Mazmur 16:10). Peristiwa-peristiwa ini menunjukkan bahwa Yesus datang ke dunia untuk menanggung dosa manusia dan mati di kayu salib untuk menebus dosa umat manusia.

Penjelasannya:

Kisah sengsara dan wafat Yesus Kristus dalam Alkitab bukanlah suatu kebetulan, melainkan telah direncanakan oleh Allah sejak lama. Hal ini terbukti dengan banyaknya nubuat yang telah diucapkan oleh para nabi di Perjanjian Lama yang kemudian digenapi dalam kisah Yesus.

Salah satu contoh nubuat tentang pengkhianatan Yesus terdapat dalam Mazmur 41:9 dan Zakharia 13:7. Kedua nubuat ini berbicara tentang seorang sahabat karib yang akan mengkhianati sang gembala. Nubuat ini digenapi ketika Yudas Iskariot, salah satu murid Yesus, mengkhianatinya dengan menciumnya dan menyerahkannya kepada para imam kepala.

Nubuat tentang penderitaan Yesus dapat ditemukan dalam Yesaya 53:3-5. Nubuat ini menggambarkan seorang hamba Tuhan yang akan dihina, dianiaya, dan disiksa. Nubuat ini digenapi ketika Yesus mengalami berbagai penderitaan, seperti dicambuk, dimahkotai duri, dan disalibkan.

Mazmur 22:16-18 menubuatkan tentang penyaliban Yesus. Nubuat ini berbicara tentang seorang yang dikelilingi oleh para penjahat dan dipaku di kayu salib. Nubuat ini digenapi ketika Yesus dipaku di kayu salib dan para prajurit membagi pakaiannya.

Kematian Yesus dinubuatkan dalam Mazmur 31:5. Nubuat ini berbicara tentang seseorang yang menyerahkan nyawanya ke tangan Allah. Nubuat ini digenapi ketika Yesus menyerahkan nyawanya di kayu salib.

Kebangkitan Yesus dinubuatkan dalam Mazmur 16:10. Nubuat ini berbicara tentang seseorang yang tidak akan ditinggalkan di dunia orang mati dan akan bangkit kembali. Nubuat ini digenapi ketika Yesus bangkit dari kematian pada hari ketiga.

Nubuat para nabi tentang sengsara dan wafat Yesus menunjukkan bahwa Dia datang ke dunia untuk menanggung dosa manusia dan mati di kayu salib untuk menebus dosa umat manusia. Kebangkitan Yesus menunjukkan bahwa Dia telah mengalahkan maut dan memberikan manusia harapan akan kehidupan kekal.

Kisah sengsara dan wafat Yesus merupakan penggenapan dari berbagai nubuat para nabi di Perjanjian Lama. Peristiwa ini menunjukkan kasih Allah yang besar kepada manusia dan memberikan manusia harapan akan keselamatan.

Komentar