Nubuat Apa yang Disampaikannya? (Zakharia) Agama Katolik Kelas 10 SMA/SMK

Nubuat apa yang disampaikannya?

Jawaban:

Zakharia bernubuat tentang kedatangan Mesias yang akan membawa keselamatan, pengampunan dosa, dan kedamaian bagi semua orang. Mesias ini akan datang dari keturunan Daud dan akan menggenapi janji-janji Allah yang disampaikan melalui para nabi. Yohanes Pembaptis akan mempersiapkan jalan bagi Mesias dan memberitakan tentang kedatangan-Nya.

Penjelasannya:

Zakharia, ayah Yohanes Pembaptis, diliputi dengan Roh Kudus setelah kelahiran anaknya. Dalam nubuatnya, dia menyatakan beberapa hal penting tentang masa depan, terutama terkait dengan kedatangan Mesias yang dinanti-nantikan.

Zakharia memuji Tuhan karena telah mengunjungi umat-Nya dan membawa kelepasan. Dia menyatakan bahwa Tuhan telah menggenapi janji-Nya dengan menumbuhkan "tanduk keselamatan" bagi mereka, yaitu Mesias yang akan datang dari keturunan Daud, hamba-Nya.

Kedatangan Mesias ini akan menggenapi janji-janji Allah yang disampaikan melalui para nabi-Nya sejak zaman dahulu. Zakharia mengingatkan tentang janji Allah kepada Abraham untuk memberikan keturunan yang akan memberkati semua bangsa. Mesias yang dijanjikan ini akan membawa keselamatan dan pengampunan dosa bagi semua orang.

Zakharia juga menggambarkan Mesias sebagai "Surya pagi dari tempat yang tinggi" yang akan membawa terang bagi mereka yang hidup dalam kegelapan dan bayang-bayang kematian. Dia akan membebaskan umat-Nya dari musuh dan memungkinkan mereka untuk beribadah kepada Tuhan tanpa takut. Mesias akan membawa kedamaian dan kesejahteraan bagi semua orang.

Nubuat Zakharia juga menyebutkan peran penting Yohanes Pembaptis. Dia akan menjadi nabi yang mempersiapkan jalan bagi Mesias dan memberitakan tentang keselamatan dan pengampunan dosa kepada umat Allah.

Nubuat Zakharia ini memberikan harapan dan sukacita bagi umat Israel. Ini merupakan penggenapan janji-janji Allah dan awal dari era baru keselamatan dan kedamaian bagi semua orang.

Komentar