Mengapa Yesus Berpesan Untuk Tidak Meninggalkan Yerusalem?

Mengapa Yesus berpesan untuk tidak meninggalkan Yerusalem?

Jawaban:

Yesus berpesan untuk tidak meninggalkan Yerusalem karena Yesus ingin para muridnya menerima Roh Kudus, mempersiapkan diri untuk penginjilan, saling menguatkan, dan memahami bahwa Dia adalah Mesias.

Penjelasannya:

Sebelum naik ke surga, Yesus memberikan beberapa pesan penting kepada para muridnya. Salah satu pesannya adalah agar mereka tidak meninggalkan Yerusalem. Ada beberapa alasan di balik pesan ini.

Pertama, Yesus ingin para muridnya menerima Roh Kudus. Roh Kudus akan memberikan mereka kuasa untuk menjadi saksi-Nya di seluruh dunia. Roh Kudus ini akan turun ke Yerusalem pada hari Pentakosta, sepuluh hari setelah kenaikan Yesus ke surga. Oleh karena itu, Yesus ingin para muridnya tetap berada di Yerusalem agar mereka dapat menerima kuasa Roh Kudus dan memulai misi mereka untuk memberitakan Injil.

Kedua, Yesus ingin para muridnya mempersiapkan diri untuk misi penginjilan. Sebelum Roh Kudus turun, Yesus ingin mereka merenungkan apa yang telah Dia ajarkan kepada mereka dan bagaimana mereka akan menerapkannya dalam kehidupan mereka. Ia juga ingin mereka belajar tentang Kerajaan Allah dan bagaimana mereka dapat membantu orang lain untuk memahaminya.

Ketiga, Yesus ingin para muridnya saling menguatkan dan mendukung satu sama lain. Para murid masih dalam proses pemulihan setelah kematian Yesus. Mereka masih sedih dan trauma dengan peristiwa itu. Yesus ingin mereka tetap bersama-sama di Yerusalem untuk saling menguatkan dan mendukung satu sama lain. Dengan demikian, mereka dapat menghadapi tantangan yang akan mereka hadapi dalam misi penginjilan mereka.

Keempat, Yerusalem memiliki makna religius yang penting bagi orang-orang Yahudi. Di sanalah Bait Allah berada, tempat orang-orang Yahudi datang untuk menyembah Allah. Dengan naik ke surga dari Yerusalem, Yesus menunjukkan bahwa Dia adalah penggenapan semua janji Allah yang telah diberikan kepada orang-orang Yahudi. Dia adalah Mesias yang telah dinanti-nantikan oleh bangsa Israel.

Dengan menaati perintah Yesus untuk tetap di Yerusalem, para murid bersiap untuk memulai misi mereka untuk memberitakan Injil kepada seluruh dunia. Mereka menerima Roh Kudus, mempersiapkan diri untuk penginjilan, saling menguatkan, dan memahami bahwa Yesus adalah Mesias.

Komentar