Mengapa Setiap Kali Kamu Berdoa Bapa Kami, Kamu Memohon agar Kerajaan Allah Serta Kehendak-Nya Terjadi di Bumi Seperti di Dalam Surga?

Mengapa setiap kali kamu berdoa Bapa Kami, kamu memohon agar Kerajaan Allah serta kehendak-Nya terjadi di bumi seperti di dalam surga?

Jawaban:

Setiap kali saya berdoa Bapa Kami, saya memohon agar Kerajaan Allah serta kehendak-Nya terjadi di bumi seperti di dalam surga alasannya adalah karena ini bentuk pengakuan Allah sebagai Raja, merindukan dunia yang penuh kasih dan damai seperti surga, serta memohon kekuatan untuk mewujudkan rencana Allah yang baik melalui tindakan kita.

Penjelasannya:

Dalam Doa Bapa Kami, umat Katolik memanjatkan permohonan "Datanglah Kerajaan Allah serta kehendak-Nya terjadi di bumi seperti di dalam surga." Permohonan ini memiliki makna yang mendalam, mencerminkan pengakuan kedaulatan Allah, kerinduan akan dunia yang penuh kasih dan damai, penyerahan diri pada rencana Allah yang sempurna, dan komitmen untuk mewujudkan kebaikan di bumi.

Dengan doa ini, umat Katolik mengakui Allah sebagai Raja atas seluruh ciptaan, termasuk bumi. Doa ini menjadi pernyataan penghormatan dan penyerahan diri kepada Allah, Raja yang penuh kasih dan bijaksana.

Selain itu, doa ini mengungkapkan kerinduan umat Katolik akan dunia yang lebih baik. Surga, yang digambarkan sebagai tempat penuh kasih, damai, keadilan, dan kebahagiaan, menjadi cita-cita yang ingin diwujudkan di bumi. Doa ini menjadi permohonan agar cinta, keadilan, dan kesejahteraan semakin terwujud di dunia.

Namun, doa ini bukan hanya tentang kerinduan, melainkan juga tentang penyerahan diri. Umat Katolik menyadari bahwa kehendak Allah jauh lebih baik daripada kehendak manusia. Doa ini menjadi pernyataan iman bahwa rencana Allah akan membawa kebaikan bagi semua.

Di sisi lain, doa ini juga merupakan komitmen. Umat Katolik tidak hanya berdoa, tetapi juga berusaha mewujudkan kehendak Allah melalui tindakan nyata. Saling mengasihi, membantu sesama, dan membawa damai adalah beberapa contoh tindakan yang mencerminkan kehendak Allah.

Dengan demikian, doa "Datanglah Kerajaan Allah serta kehendak-Nya terjadi di bumi seperti di dalam surga" menjadi sebuah pernyataan iman, kerinduan, penyerahan diri, dan komitmen umat Katolik untuk membangun dunia yang lebih baik. Doa ini menjadi pengingat bahwa Kerajaan Allah bukan hanya tempat di akhirat, tetapi juga realitas yang dapat diwujudkan di bumi melalui tindakan nyata umat-Nya.

Komentar