Mengapa Para Murid Harus Bersikap Seperti Itu? Agama Katolik Kelas 10 SMA/SMK

Mengapa para murid harus bersikap seperti itu?

Jawaban:

Para murid Yesus harus bersikap seperti yang Yesus ajarkan karena Yesus mengasihi mereka sebagai sahabat dan ingin mereka menjadi pemimpin yang rendah hati dan melayani orang lain. Dengan bersikap seperti itu, para murid dapat menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Yesus, mewujudkan kasih Allah dalam kehidupan mereka, dan menjadi teladan bagi orang lain.

Penjelasannya:

Para murid Yesus dituntut untuk memiliki sikap yang mencerminkan kasih dan teladan Yesus. Hal ini didasari oleh beberapa alasan. Pertama, Yesus menunjukkan kasihnya yang luar biasa kepada para muridnya dengan menyebut mereka sebagai sahabat, bukan hanya murid. Dia rela mengorbankan nyawanya dan mempercayai mereka dengan membagikan semua yang dia dengar dari Bapa.

Kedua, Yesus ingin para muridnya memiliki kerendahan hati dan semangat melayani, berbeda dari pemimpin dunia yang berkuasa. Dia sendiri menjadi contoh dengan datang ke dunia bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan menebus dosa manusia.

Ketiga, Yesus menekankan pentingnya kasih di antara para muridnya. Kasih ini haruslah seperti kasihnya, yang rela berkorban demi sahabat.

Dengan meneladani sikap Yesus, para murid dapat menjalin hubungan yang lebih dekat dengannya, menjadi pemimpin yang rendah hati dan melayani, serta mewujudkan kasih Allah dalam kehidupan mereka. Sikap-sikap yang harus mereka tanamkan adalah kasih, kerendahan hati, semangat melayani, dan kepercayaan kepada Yesus dan ajarannya.

Melalui teladan dan ajaran Yesus, para murid didorong untuk menjadi pribadi yang penuh kasih, rendah hati, dan siap sedia melayani orang lain. Inilah esensi dari menjadi pengikut Yesus yang sejati.

Komentar