Mengapa Gereja Itu Kudus?

Mengapa Gereja itu kudus?

Jawaban:

Gereja itu kudus karena dipersatukan dengan Yesus Kristus, sumber kekudusan. Roh Kudus bekerja di dalam Gereja, menguduskan umat dan membimbing mereka ke dalam kebenaran. Umat Gereja dipanggil untuk hidup kudus, dan Gereja terus menerus diperbarui dan diubah oleh rahmat Allah.

Penjelasannya:

Gereja disebut kudus karena beberapa alasan mendasar. Pertama, Yesus Kristus, sumber kekudusan, adalah kepala Gereja. Sebagai Putera Allah, Dia mengasihi Gereja bagaikan mempelai-Nya dan menyerahkan diri-Nya untuk menguduskannya. Dengan demikian, Gereja secara hakiki kudus karena dipersatukan dengan Kristus.

Kedua, Roh Kudus bekerja di dalam Gereja. Dicurahkan pada hari Pentakosta, Roh Kudus terus berkarya dalam Gereja, menguduskan umat dan membimbing mereka ke dalam kebenaran. Roh Kudus pun memberikan karunia-karunia kepada umat untuk membantu mereka hidup kudus.

Ketiga, umat Gereja dipanggil untuk hidup kudus. Panggilan ini bukan hanya untuk para biarawan atau imam, melainkan untuk semua orang Kristen. Kita diundang untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah dan meneladani Yesus Kristus dalam segala aspek kehidupan.

Keempat, Gereja terus menerus diperbarui dan diubah oleh rahmat Allah. Meskipun terdiri dari manusia yang berdosa, Gereja terus dimurnikan dan diubah oleh rahmat Allah. Melalui sakramen-sakramen, doa, dan Sabda Tuhan, umat dibantu untuk bertumbuh dalam kekudusan.

Kelima, Gereja adalah persekutuan orang-orang kudus. Bukan hanya institusi, Gereja adalah komunitas orang-orang kudus, baik yang masih hidup di dunia ini maupun yang telah meninggal. Mereka semua adalah bagian dari komunitas yang sama dan saling mendukung dalam perjalanan mereka menuju kekudusan.

Komentar