Makna “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman….” (Ef 2:8) …. “yang bekerja oleh kasih” (Gal 5:6) … karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juru Selamat semua manusia, (1Tim 4:10) “[karena] kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus” (Rom 6:11)?

Apa makna pesan-pesan dalam ayat-ayat Kitab Suci ini, “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman….” (Ef 2:8) …. “yang bekerja oleh kasih” (Gal 5:6) … karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juru Selamat semua manusia, (1Tim 4:10) “[karena] kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus” (Rom 6:11)?

Jawaban:

Berikut adalah makna pesan-pesan dalam ayat-ayat Kitab Suci:

1. "Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman..." (Ef 2:8)

Ayat ini bermakna bahwa keselamatan manusia tidak diperoleh dengan usaha sendiri, melainkan karena kasih karunia Allah. Kasih karunia ini adalah anugerah yang diberikan Allah kepada manusia secara cuma-cuma, tanpa syarat apapun.

2. "...yang bekerja oleh kasih" (Gal 5:6)

Ayat ini bermakna bahwa iman yang sejati akan menghasilkan kasih. Kasih ini bukan hanya sekedar perasaan cinta, tetapi juga tindakan nyata yang mencerminkan kasih Allah kepada sesama.

3. "...karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juru Selamat semua manusia, (1Tim 4:10)

Ayat ini bermakna bahwa pengharapan orang Kristen adalah Allah yang hidup. Allah adalah sumber keselamatan dan jaminan masa depan yang penuh sukacita.

4. "[karena] kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus" (Rom 6:11)

Ayat ini bermakna bahwa melalui Yesus Kristus, manusia dibebaskan dari dosa dan dihidupkan kembali untuk hidup yang baru dalam Allah.

Penjelasannya:

Keempat ayat ini saling berkaitan dan menjelaskan tentang hakikat keselamatan dalam kekristenan. Keselamatan adalah anugerah Allah yang diterima manusia melalui iman kepada Yesus Kristus. Iman ini menghasilkan kasih kepada Allah dan sesama, serta pengharapan akan masa depan yang penuh sukacita.

Pesan utama dari ayat-ayat ini adalah bahwa keselamatan adalah karya Allah yang diterima manusia secara cuma-cuma. Iman yang sejati akan menghasilkan kasih dan pengharapan, serta membawa manusia kepada kehidupan yang baru dalam Yesus Kristus.

Komentar