Kuasa Apa yang Diberikan Yesus Kepada Petrus

Kuasa apa yang diberikan Yesus kepada Petrus

Jawaban:

Kuasa yang diberikan Yesus kepada Petrus, yaitu:
  • Kuasa untuk memimpin Gereja: Petrus disebut sebagai "batu karang" dan di atasnya Yesus membangun Gereja-Nya.
  • Kuasa untuk mengikat dan melepaskan: Petrus memiliki wewenang untuk menentukan apa yang benar dan salah dalam hal iman dan moral.
  • Kuasa untuk menjelaskan Sabda Allah: Petrus, sebagai pemimpin Gereja, memiliki peran penting dalam memastikan bahwa ajaran Gereja sesuai dengan Sabda Allah.

Penjelasannya:

Dalam Matius 16:13-20, Yesus memberikan beberapa kuasa penting kepada Petrus, yang kemudian menjadi pemimpin Gereja. Kuasa-kuasa ini meliputi:

1. Memimpin Gereja

Yesus menyebut Petrus sebagai "batu karang" dan mendirikan Gereja-Nya di atasnya (Matius 16:18). Hal ini menunjukkan peran penting Petrus dalam memimpin dan membangun komunitas orang-orang percaya.

2. Mengikat dan Melepaskan

Yesus memberikan "kunci Kerajaan Surga" kepada Petrus, dan menyatakan bahwa apa yang dia ikat di bumi akan terikat di surga, dan apa yang dia lepaskan di bumi akan terlepas di surga (Matius 16:19). Kuasa ini memberinya wewenang untuk menentukan apa yang benar dan salah dalam hal iman dan moral.

3. Menjelaskan Sabda Allah

Sebagai pemimpin Gereja, Petrus memiliki peran penting dalam memastikan bahwa ajaran Gereja sesuai dengan Sabda Allah. Katekismus Gereja Katolik 100 menjelaskan bahwa tugas untuk menjelaskan Sabda Allah secara mengikat hanya diserahkan kepada Wewenang Mengajar Gereja, yang terdiri dari Paus dan para Uskup yang bersatu dengannya.

Kuasa-kuasa ini tidak hanya diberikan kepada Petrus secara pribadi, tetapi juga kepada para penerusnya, yaitu Paus dan para Uskup. Mereka harus menggunakannya dengan bijaksana dan bertanggung jawab kepada Allah dan kepada umat, bukan sebagai otoritas absolut. Kuasa ini diberikan untuk membantu Gereja dalam misinya untuk menyebarkan Injil dan membawa keselamatan kepada semua orang.

Komentar