Jelaskan Makna Kesatuan Menurut Hakikat Gereja dalam KGK 813

Jelaskan makna kesatuan menurut hakikat Gereja dalam KGK 813!

Jawaban:

Makna kesatuan menurut hakikat Gereja dalam KGK 813 adalah kesatuan yang berasal dari Allah Tritunggal, dikukuhkan oleh Yesus Kristus, dan dipelihara dengan cinta kasih dan ikatan-ikatan lainnya, seperti pengakuan iman yang sama, perayaan ibadat bersama, dan suksesi apostolik. Keanekaragaman dalam Gereja tidak menghalangi kesatuannya, melainkan menjadi kekayaan yang memperindahnya.

Penjelasannya:

Gereja Katolik memiliki empat sifat hakiki, salah satunya adalah kesatuan. Kesatuan ini bukan sekadar persatuan biasa, melainkan berakar pada Allah Tritunggal yang esa. Keesaan Bapa, Putra, dan Roh Kudus menjadi cerminan bagi kesatuan Gereja.

Yesus Kristus, Pendiri Gereja, memperkuat kesatuan ini dengan mendamaikan manusia dengan Allah dan mempersatukan mereka dalam satu Tubuh, yaitu Gereja. Kesatuan ini dikukuhkan oleh Roh Kudus yang tinggal dalam hati umat beriman dan membimbing seluruh Gereja.

Meskipun satu, Gereja tidak luput dari keragaman. Keanekaragaman ini berasal dari perbedaan anugerah Allah dan keragaman orang yang menerimanya. Keanekaragaman budaya, bangsa, dan tradisi tidak menghalangi kesatuan Gereja, melainkan menjadi kekayaan yang memperindahnya.

Cinta kasih merupakan ikatan utama yang memelihara kesatuan Gereja. Kasih ini disebut sebagai "ikatan kesempurnaan" (Kolose 3:14). Selain cinta kasih, beberapa ikatan tampak juga memperkuat kesatuan Gereja, yaitu:
  • Pengakuan iman yang satu dan sama, yang diwariskan oleh para rasul;
  • Perayaan ibadat bersama, terutama sakramen-sakramen;
  • Suksesi apostolik, yaitu pewarisan tahbisan para uskup yang menjamin kesinambungan kepemimpinan Gereja.

Gereja Katolik meyakini bahwa dialah satu-satunya Gereja Kristus yang di dunia ini. Kesatuan ini diwujudkan dalam kepemimpinan Paus sebagai pengganti Petrus dan para uskup yang bersatu dengannya.

Komentar