Jelaskan Makna Kerasulan dalam Tata Dunia Secara Eksternal Menurut LG, Artikel 31

Jelaskan makna kerasulan dalam tata dunia secara eksternal menurut LG, artikel 31!

Jawaban:

Makna kerasulan dalam tata dunia secara eksternal menurut LG, artikel 31 adalah panggilan bagi semua orang awam untuk mencari Kerajaan Allah dalam hal-hal duniawi dengan cara menjalankan tugas dan pekerjaan duniawi dengan dijiwai semangat Injil, menjadi saksi iman, harapan, dan kasih Kristus melalui hidup mereka, serta menyinari dan mengatur semua hal-hal fana seturut kehendak Kristus demi kemuliaan Sang Pencipta dan Penebus.

Penjelasannya:

Kerasulan dalam tata dunia eksternal memiliki makna yang luas dan mendalam menurut Lumen Gentium (LG) artikel 31. Kaum awam, yang merupakan semua orang beriman Kristiani di luar golongan imam atau religius, memiliki peran penting dalam hal ini. Dengan sifat keduniaan mereka, hidup dan berkarya di tengah dunia dengan berbagai profesi dan tanggung jawab, kaum awam dipanggil Allah untuk mencari Kerajaan Allah dalam hal-hal duniawi.

Tugas utama mereka adalah membawa semangat Injil ke dalam dunia dan menguduskannya dari dalam. Cara mereka melaksanakan kerasulan ini beragam, mulai dari menjalankan tugas dan pekerjaan duniawi dengan dijiwai semangat Injil, menjadi saksi iman, harapan, dan kasih Kristus melalui hidup mereka, hingga menampakkan Kristus kepada sesama.

Selain itu, kaum awam juga bertanggung jawab untuk menyinari dan mengatur semua hal-hal fana seturut kehendak Kristus, serta membuat dunia berkembang demi kemuliaan Sang Pencipta dan Penebus. Contohnya, seorang dokter yang melayani orang sakit dengan penuh kasih dan perhatian, seorang pengusaha yang menjalankan bisnisnya dengan etika Kristiani dan adil, seorang politisi yang memperjuangkan kebijakan yang pro-rakyat dan pro-keadilan, seorang guru yang mendidik murid-muridnya dengan nilai-nilai moral dan agama, dan seorang ibu rumah tangga yang mengasuh anak-anaknya dengan kasih dan iman.

Komentar