Jelaskan Makna Istilah Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru! Agama Katolik Kelas 10 SMA/SMK

Jelaskan makna istilah Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru!

Jawaban:

Berikut adalah makna istilah Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru:

Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah dua bagian utama Alkitab. Perjanjian Lama menceritakan sejarah umat Israel dan hubungan mereka dengan Allah melalui perjanjian yang dilambangkan dengan ritual kurban dan hukum Taurat. Tokoh-tokoh utamanya adalah Abraham, Musa, Daud, dan para nabi. Perjanjian Baru menceritakan kehidupan, kematian, dan kebangkitan Yesus Kristus, serta awal mula gereja Kristen. Perjanjian ini merupakan perjanjian baru Allah dengan umat manusia melalui Yesus Kristus yang dilambangkan dengan kasih dan pengampunan dosa. Tokoh utamanya adalah Yesus Kristus, para rasul, dan Maria.

Penjelasannya:

Alkitab, kitab suci umat Kristiani, terbagi menjadi dua bagian utama: Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Kedua bagian ini memiliki makna dan isi yang berbeda.

Perjanjian Lama menceritakan sejarah umat Israel dan hubungan mereka dengan Allah. Disebut "Perjanjian Lama" karena berisi perjanjian Allah dengan Abraham dan bangsa Israel, dilambangkan dengan ritual kurban dan hukum Taurat. Tokoh-tokoh utamanya antara lain Abraham, Musa, Daud, dan para nabi. Kitab-kitab dalam Perjanjian Lama terbagi menjadi Taurat, Kitab Sejarah, Kitab Kebijaksanaan, dan Kitab Kenabian.

Perjanjian Baru menceritakan kehidupan, kematian, dan kebangkitan Yesus Kristus, serta awal mula gereja Kristen. Disebut "Perjanjian Baru" karena berisi perjanjian baru Allah dengan umat manusia melalui Yesus Kristus, dilambangkan dengan kasih dan pengampunan dosa. Tokoh utama dalam Perjanjian Baru adalah Yesus Kristus, para rasul, dan Maria. Kitab-kitab dalam Perjanjian Baru terbagi menjadi Injil, Kisah Para Rasul, Surat-surat, dan Wahyu.

Kesimpulan

Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru merupakan dua bagian penting dari Alkitab yang menceritakan kisah keselamatan Allah bagi umat manusia. Perjanjian Lama menceritakan tentang perjanjian Allah dengan Abraham dan bangsa Israel, sedangkan Perjanjian Baru menceritakan tentang perjanjian baru Allah dengan umat manusia melalui Yesus Kristus.

Komentar