Jelaskan Gambaran Kerajaan Allah Pada Jaman Yesus!

Jelaskan Gambaran Kerajaan Allah pada jaman Yesus!

Jawaban:

Gambaran kerajaan Allah pada zaman Yesus dipahami sebagai pemerintahan ilahi yang menawarkan keselamatan dan pemulihan bagi semua orang. Kerajaan ini bukan tentang penghakiman, melainkan tentang kasih dan pengampunan.

Penjelasannya:

Pada zaman Yesus, berbagai pemahaman tentang Kerajaan Allah berkembang di kalangan masyarakat Yahudi. Ada yang melihatnya sebagai pemerintahan politik untuk membebaskan Israel dari penjajahan Romawi, dan ada pula yang memahaminya sebagai intervensi ilahi di akhir zaman untuk menghakimi orang hidup dan mati.

Namun, Yesus memiliki pemahaman yang berbeda. Kerajaan Allah bagi Yesus bukanlah tentang penghakiman, melainkan tentang penyelamatan. Yesus tidak fokus pada pemisahan antara yang baik dan yang jahat, melainkan pada pemulihan hubungan manusia dengan Allah dan sesama. Kerajaan Allah datang untuk menyelamatkan semua orang, termasuk orang-orang berdosa dan terbuang.

Yesus tidak melihat Kerajaan Allah sebagai sesuatu yang hanya akan terjadi di masa depan, melainkan sebagai sesuatu yang sudah hadir dalam diri-Nya. Kerajaan Allah sudah mulai bekerja melalui kuasa Yesus yang menyembuhkan orang sakit, mengusir roh jahat, dan memberitakan kabar baik.

Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus merupakan saat penyelamatan manusia secara utuh, bukan hanya tentang keselamatan rohani, tetapi juga tentang kesejahteraan fisik, sosial, dan ekologis. Yesus datang untuk membebaskan manusia dari segala bentuk penindasan dan penderitaan, dan untuk menciptakan dunia yang lebih adil, damai, dan sejahtera.

Beberapa contoh gambaran Kerajaan Allah pada zaman Yesus terlihat dalam tindakan Yesus:
Yesus menyembuhkan orang sakit dan orang cacat, menunjukkan bahwa Kerajaan Allah membawa pemulihan dan kedamaian.
Yesus makan bersama dengan orang-orang berdosa dan terbuang, menunjukkan bahwa Kerajaan Allah terbuka bagi semua orang.
Yesus mengajar tentang kasih dan pengampunan, menunjukkan bahwa Kerajaan Allah didasarkan pada kasih Allah kepada manusia.
Yesus mengusir roh jahat, menunjukkan bahwa Kerajaan Allah memiliki kuasa atas kuasa jahat.

Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus adalah kabar baik bagi semua orang. Kerajaan Allah menawarkan keselamatan dan pemulihan bagi semua orang, tanpa terkecuali. Kerajaan Allah sudah hadir dalam diri Yesus, dan sedang terus berkembang di dunia melalui kuasa Roh Kudus.

Komentar