Jelaskan Beberapa Paham Kerajaan Allah, yang Dihayati oleh Kelompok- Kelompok Orang Yahudi Zaman Yesus!

Jelaskan beberapa paham Kerajaan Allah, yang dihayati oleh kelompok- kelompok orang Yahudi zaman Yesus!

Jawaban:

Beberapa paham Kerajaan Allah, yang dihayati oleh kelompok- kelompok orang Yahudi zaman Yesus, yaitu:
  • Kaum Zelot ingin membebaskan Israel dari penjajahan dan mendirikan Kerajaan Allah dengan Mesias sebagai pemimpin perang.
  • Kelompok Eseni menantikan penghakiman akhir zaman dan peradaban baru yang dibawa Mesias, sehingga mereka hidup seperti biarawan.
  • Kelompok para rabi percaya bahwa Kerajaan Allah sudah ada dan perlu ditegakkan kembali dengan menaati Hukum Taurat.

Penjelasannya:

Pada zaman Yesus, terdapat berbagai pemahaman tentang Kerajaan Allah yang dianut oleh kelompok-kelompok Yahudi. Kelompok Zelot meyakini bahwa Kerajaan Allah akan terwujud dengan membebaskan bangsa Israel dari penjajahan melalui perlawanan bersenjata dan dipimpin oleh Mesias.

Di sisi lain, kelompok Eseni menantikan penghakiman akhir zaman dan peradaban baru yang dibawa Mesias, sehingga mereka memilih hidup seperti biarawan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Sementara itu, para rabi percaya bahwa Kerajaan Allah sudah ada dan bangsa Israel adalah warganya, namun perlu ditegakkan kembali dengan menaati Hukum Taurat. Masing-masing kelompok memiliki cara pandang dan cara hidup yang berbeda berdasarkan pemahaman mereka tentang Kerajaan Allah.

Harapan akan datangnya Kerajaan Allah ini menjadi latar belakang mengapa banyak orang mengikuti Yesus. Mereka menaruh harapan pada Yesus sebagai Mesias yang akan mewujudkan Kerajaan Allah sesuai dengan pemahaman mereka masing-masing.

Komentar