Jelaskan Apa Makna Persekutuan (Koinonia) dan Apa Ciri-Ciri Persekutuan Umat atau Komunitas Basis Model Jemaat Perdana (Kis 4:32-37)

Jelaskan apa makna persekutuan (koinonia) dan apa ciri-ciri persekutuan umat atau komunitas basis model jemaat perdana (Kis 4:32-37)!

Jawaban:

Makna persekutuan (koinonia) adalah hidup bersama dalam kasih dan saling mendukung sebagai orang-orang yang percaya kepada Yesus Kristus.

Ciri-ciri persekutuan umat atau komunitas basis model jemaat perdana (Kis 4:32-37), yaitu:
  • Memiliki kesatuan hati dan jiwa, tujuan yang sama, rasa saling pengertian, dan kasih yang mendalam.
  • Tidak memiliki konsep kepemilikan pribadi, mengutamakan kebutuhan bersama, dan saling membantu.

Penjelasannya:

Persekutuan (koinonia) dalam bahasa Yunani berarti "persekutuan", "kebersamaan", atau "persatuan". Dalam konteks Kristiani, koinonia mengacu pada persekutuan yang mendalam dan erat antara orang-orang yang percaya kepada Yesus Kristus. Persekutuan ini bukan hanya sebatas hubungan sosial biasa, tetapi merupakan hubungan yang didasarkan pada kasih, saling percaya, dan saling mendukung.

Berdasarkan Kisah Para Rasul 4:32-37, ciri-ciri persekutuan umat atau komunitas basis model jemaat perdana adalah:

1. Sehati dan Sejiwa

Jemaat perdana memiliki kesatuan hati dan jiwa. Mereka memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mengikuti Yesus Kristus dan menyebarkan Injil. Mereka juga memiliki rasa saling pengertian dan kasih yang mendalam.

2. Memiliki Segala Sesuatu Bersama

Jemaat perdana tidak memiliki konsep kepemilikan pribadi. Mereka memiliki segala sesuatu bersama-sama. Hal ini menunjukkan bahwa mereka mengutamakan kebutuhan bersama daripada kebutuhan pribadi.

3. Tidak Ada yang Berkekurangan

Jemaat perdana saling membantu dan memastikan bahwa tidak ada yang kekurangan. Mereka yang memiliki harta benda menjualnya dan membagikan hasilnya kepada mereka yang membutuhkan.

4. Berbagi Kasih Karunia

Jemaat perdana mengalami kasih karunia Allah secara berlimpah. Mereka saling menguatkan dan menyemangati dalam iman.

5. Kesaksian tentang Kebangkitan Yesus

Jemaat perdana dengan berani bersaksi tentang kebangkitan Yesus Kristus. Mereka yakin bahwa Yesus adalah Juruselamat yang telah mengalahkan maut.

6. Dipimpin oleh Para Rasul

Para rasul memimpin jemaat perdana dengan penuh kasih dan kebijaksanaan. Mereka memastikan bahwa jemaat hidup sesuai dengan ajaran Yesus.

Jemaat perdana merupakan contoh ideal dari persekutuan Kristiani. Mereka menunjukkan kepada kita bagaimana hidup dalam kasih, saling percaya, dan saling mendukung. Kita dapat belajar banyak dari mereka tentang bagaimana membangun komunitas yang kuat dan penuh kasih.

Komentar