Jelaskan Apa Makna Perayaan Ekaristi Sungguh-Sungguh Merupakan Sumber dan Puncak Seluruh Hidup Kristiani

Jelaskan apa makna perayaan Ekaristi sungguh-sungguh merupakan sumber dan puncak seluruh hidup kristiani!

Jawaban:

Makna perayaan Ekaristi sungguh-sungguh merupakan sumber dan puncak seluruh hidup Kristiani adalah persatuan rohani dengan Yesus Kristus melalui penyatuan dengan Tubuh dan Darah-Nya, yang menjadi sumber rahmat, pengampunan dosa, dan kekuatan untuk hidup dalam iman dan kasih. Ekaristi merupakan puncak pengungkapan iman dan persekutuan umat Kristiani, di mana kita mengucap syukur atas segala berkat dan karunia Allah, serta memperbarui komitmen kita untuk mengikuti Yesus Kristus.

Penjelasannya:

Perayaan Ekaristi bukan sekadar ritual biasa bagi umat Kristiani, melainkan merupakan sumber dan puncak seluruh hidup Kristiani. Dalam Ekaristi, kita bersatu secara rohani dengan Yesus Kristus melalui roti dan anggur yang dikonsekrasikan, yang melambangkan tubuh dan darah-Nya. Penyatuan ini menjadi sumber rahmat, pengampunan dosa, dan kekuatan untuk hidup dalam iman dan kasih.

Ekaristi juga merupakan puncak pengungkapan iman Kristiani. Di sini, kita menyatakan keyakinan kita kepada Yesus Kristus dan misteri penyelamatan-Nya. Kita mengucap syukur atas segala berkat dan karunia yang Allah berikan, dan memperbarui komitmen kita untuk mengikuti Yesus Kristus. Ekaristi mempersatukan kita sebagai umat Kristiani, membangun komunitas yang saling mengasihi dan mendukung.

Sebagai sumber dan puncak hidup Kristiani, Ekaristi bagaikan pohon. Akar pohon, yang merupakan sumber kehidupan, menyediakan air dan nutrisi untuk pertumbuhan pohon. Cabang dan daun, yang merupakan puncak pohon, tempat fotosintesis terjadi dan menghasilkan makanan bagi pohon.

Demikian pula, Ekaristi menyediakan rahmat dan kekuatan yang kita butuhkan untuk bertumbuh dalam iman (akar). Pada saat yang sama, Ekaristi merupakan puncak pengungkapan iman dan persekutuan kita sebagai umat Kristiani (cabang dan daun).

Melalui Ekaristi, kita menerima kekuatan untuk menjalani hidup sebagai pengikut Kristus dan membangun komunitas yang penuh kasih. Ekaristi merupakan momen penting untuk memperbarui komitmen kita sebagai orang Kristiani dan untuk terus bertumbuh dalam iman.

Komentar