Jelaskan Apa Makna Pelayanan (Diakonia) dan Apa Dasar Pelayanan Gereja Katolik!

Jelaskan apa makna pelayanan (diakonia) dan apa dasar pelayanan Gereja Katolik!

Jawaban:

Makna pelayanan (diakonia) adalah perwujudan iman dan kasih Kristiani yang diwujudkan dengan tindakan kasih dan kepedulian kepada sesama. Dasar pelayanan Gereja Katolik adalah Kitab Suci, ajaran Gereja, dan tradisi Gereja. Pelayanan Gereja Katolik dilandasi oleh kasih Kristus, ditujukan kepada semua orang tanpa terkecuali, dan dilakukan dengan sukacita dan kerendahan hati.

Penjelasannya:

Diakonia, atau pelayanan, dalam Gereja Katolik memiliki makna yang jauh lebih dalam daripada sekadar tindakan membantu orang lain. Diakonia merupakan perwujudan iman dan kasih Kristiani yang nyata.

Melalui diakonia, umat Katolik meneladani kasih Kristus dengan melayani mereka yang membutuhkan, seperti orang miskin, sakit, terlantar, dan tersingkir. Diakonia bukan hanya tindakan sosial, tetapi juga merupakan manifestasi iman yang hidup. Iman tanpa diakonia adalah iman yang mati.

Tak hanya itu, diakonia merupakan partisipasi umat Katolik dalam karya keselamatan Allah. Dengan melayani sesama, umat Katolik turut menghadirkan Kerajaan Allah di dunia.

Pelayanan Gereja Katolik memiliki dasar yang kuat, yaitu Kitab Suci, ajaran Gereja, dan tradisi Gereja. Alkitab penuh dengan contoh teladan Yesus dalam melayani sesama. Ajaran Gereja Katolik menekankan pentingnya diakonia, dan tradisi Gereja menunjukkan bahwa diakonia telah menjadi bagian integral dari kehidupan Kristiani sejak awal mula Gereja.

Pelayanan Gereja Katolik memiliki beberapa ciri khas. Pertama, diakonia dilandasi oleh kasih Kristus yang tanpa pamrih. Umat Katolik melayani bukan untuk mencari pujian atau penghargaan, tetapi karena didorong oleh kasih Allah.

Kedua, diakonia ditujukan kepada semua orang yang membutuhkan, tanpa memandang suku, agama, ras, atau latar belakang lainnya. Diakonia tidak terbatas pada kelompok tertentu.

Ketiga, diakonia dilakukan dengan sukacita dan kerendahan hati, meneladani teladan Yesus Kristus yang merendahkan diri untuk melayani.

Komentar