Jelaskan Apa Makna Gereja Itu Satu Menurut Jiwanya dalam UR 2!

Jelaskan apa makna Gereja itu satu menurut jiwanya dalam UR 2!

Jawaban:

Makna Gereja itu satu menurut jiwanya dalam UR 2 adalah kesatuan yang dihidupkan oleh Roh Kudus. Roh Kudus tinggal di hati setiap umat beriman dan menghimpun mereka dalam Kristus, sehingga mereka bersatu dalam iman, ibadah, dan pelayanan. Roh Kuduslah yang menjadi sumber dan kekuatan yang mempersatukan seluruh umat Allah, menjadikan Gereja sebagai satu Tubuh Kristus yang utuh.

Penjelasannya:

Gereja Katolik dikenal sebagai institusi yang satu, kudus, katolik, dan apostolik. Salah satu sifatnya, yaitu kesatuan, memiliki makna yang mendalam dan terhubung erat dengan jiwanya. Dokumen Konsili Vatikan II, Unitatis Redintegratio (UR) 2, menjelaskan bahwa kesatuan jiwa Gereja berasal dari Roh Kudus.

Roh Kudus tidak hanya hadir di dalam Gereja secara keseluruhan, tetapi juga secara personal di dalam hati setiap orang yang percaya. Kehadiran-Nya di dalam hati setiap umat beriman inilah yang menciptakan persekutuan yang erat di antara mereka. Roh Kudus menggerakkan umat beriman untuk bersatu dalam Kristus, memimpin mereka untuk beriman yang sama, beribadah bersama, dan melayani satu sama lain. Roh Kuduslah yang menjadi sumber dan kekuatan yang mempersatukan seluruh umat Allah, menjadikan Gereja sebagai satu Tubuh Kristus yang utuh.

Seperti halnya tubuh manusia yang terdiri dari berbagai anggota tubuh dengan fungsi dan bentuk berbeda, namun dipersatukan oleh roh kehidupan, Roh Kuduslah yang mempersatukan seluruh umat beriman meskipun mereka memiliki berbagai perbedaan. Roh Kuduslah yang membuat Gereja menjadi satu kesatuan yang utuh dan mampu menjalankan misinya di dunia.

Komentar