Jelaskan Apa Makna Gereja Itu Satu Menurut Asalnya dalam GS 78, 3!

Jelaskan apa makna Gereja itu satu menurut asalnya dalam GS 78, 3!

Jawaban:

Makna Gereja itu satu menurut asalnya dalam GS 78, 3 adalah bahwa kesatuan Gereja berakar pada kesatuan Allah Tritunggal, diperjuangkan oleh Yesus Kristus, dan dikuatkan oleh Roh Kudus. Kesatuan ini diwujudkan dalam berbagai aspek kehidupan Gereja, seperti pengakuan iman yang sama, perayaan ibadat bersama, dan kepemimpinan para uskup.

Penjelasannya:

Gereja Katolik meyakini bahwa Gereja itu satu, kudus, katolik, dan apostolik. Kesatuan Gereja ini berakar pada asal-usulnya, yang tertanam dalam misteri Allah Tritunggal. Allah Bapa, Putera, dan Roh Kudus adalah satu dalam kodrat, meskipun memiliki tiga pribadi yang berbeda. Kesatuan ini menjadi pola dan prinsip terluhur bagi kesatuan Gereja.

Yesus Kristus, Putera Allah, datang ke dunia untuk mendamaikan manusia dengan Allah dan mempersatukan mereka kembali dalam satu bangsa dan satu tubuh. Yesus mendirikan Gereja sebagai perwujudan kesatuan ini. Kesatuan ini diperkuat oleh Roh Kudus yang tinggal di hati umat beriman dan memimpin seluruh Gereja. Roh Kudus menciptakan persekutuan yang luar biasa dan mengikat semua orang dalam Kristus, memelihara kesatuan iman, kasih, dan tujuan dalam Gereja.

Kesatuan Gereja bukan hanya konsep abstrak, melainkan kenyataan yang terwujud dalam berbagai aspek kehidupan Gereja. Pengakuan iman yang sama, perayaan ibadat bersama, dan kepemimpinan para uskup menjadi bukti nyata kesatuan ini.

Keanekaragaman budaya, tradisi, dan karunia dalam Gereja tidak menghalangi kesatuannya, melainkan memperkayanya. Seperti sebuah keluarga yang diikat oleh kasih dan rasa kesatuan meskipun memiliki anggota dengan keunikan dan perbedaannya masing-masing.

Memahami makna kesatuan Gereja membantu kita untuk:
Menghayati identitas kita sebagai umat Allah yang satu.
Menghargai keanekaragaman dalam Gereja.
Bekerja sama untuk membangun Gereja yang lebih kuat dan missioner.
Berpartisipasi dalam upaya ekumene, yaitu gerakan untuk mencapai kesatuan antarumat Kristiani.

Kesatuan Gereja adalah anugerah yang harus kita jaga dan pelihara. Dengan memahami maknanya, kita dapat semakin memperkuat komitmen kita untuk menjadi bagian dari Gereja yang satu, kudus, katolik, dan apostolik.

Komentar