Jelaskan 3 Unsur Pokok Dalam Penampakan Yesus

Jelaskan 3 unsur pokok dalam penampakan Yesus!

Jawaban:

Berikut 3 unsur pokok dalam penampakan Yesus:
  1. Unsur prakarsa, menunjukkan bahwa Yesus sendiri yang memulai penampakan-Nya kepada para murid. Penglihatan para murid tentang Yesus bukan penglihatan biasa, karena Yesus tidak lagi termasuk dalam dunia yang kelihatan setelah kebangkitan-Nya.
  2. Unsur pengakuan, menunjukkan bahwa Yesus dikenal dan diakui sebagai Kristus dan Tuhan, yang telah wafat di kayu salib dan kini hidup dalam kemuliaan. Para murid pun mengakui kebangkitan Yesus dengan kalimat "Yesus bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga".
  3. Unsur kesaksian, menunjukkan bahwa para rasul menerima tugas dari Tuhan untuk memaklumkan ke-Tuhanan Yesus. Para murid awalnya tidak mengenal Yesus setelah kebangkitan-Nya, namun mereka kemudian mengenalinya kembali. Hal ini menunjukkan bahwa Yesus telah diperbaharui oleh kebangkitan-Nya.

Penjelasannya:

Dalam kisah para murid tentang penampakan Yesus setelah kebangkitan-Nya, ada tiga unsur pokok yang saling berkaitan. Pertama, inisiatif penampakan selalu datang dari Yesus sendiri. Dia yang "menampakkan diri" atau "memperlihatkan diri" kepada para murid. Hal ini penting karena menandakan bahwa wujud Yesus setelah kebangkitan berbeda dari sebelumnya. Para murid membutuhkan cara khusus untuk bisa melihat gurunya tersebut.

Kedua, para murid mengenali dan mengakui Yesus yang menampakkan diri sebagai Kristus dan Tuhan. Mereka yang dulu mati di kayu salib kini hidup kembali dalam kemuliaan. Pengakuan ini ditegaskan dengan kalimat "Yesus bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga."

Ketiga, para murid yang menjadi saksi kebangkitan Yesus menerima tugas untuk mewartakan ke-Tuhanan-Nya. Menariknya, para murid ini awalnya tidak langsung mengenali Yesus. Mereka membutuhkan waktu dan petunjuk untuk bisa mengenalinya kembali. Unsur ini semakin memperkuat keabsahan penampakan Yesus dan perubahan yang dialaminya pasca kebangkitan.

Dengan demikian, ketiga unsur pokok ini, yaitu inisiatif Yesus, pengakuan para murid, dan kesaksian mereka, menjadi penegasan bahwa Yesus benar-benar bangkit dari kematian. Dia adalah Tuhan yang mengalami perubahan namun identitasnya tetap sebagai Yesus dari Nazareth. Dan para murid lah yang ditugaskan untuk menyebarkan kabar gembira ini ke seluruh dunia.

Komentar