Godaan Apa yang Dialami Yesus di Padang Gurun? Agama Katolik Kelas 10 SMA/SMK

Godaan apa yang dialami Yesus di padang gurun?

Jawaban:

Godaan yang dialami Yesus di padang gurun, yaitu:
  • Godaan untuk memenuhi keinginan fisik: Iblis menawarkan Yesus untuk mengubah batu menjadi roti untuk mengatasi rasa laparnya.
  • Godaan untuk mendapatkan kehormatan dan kekuasaan: Iblis menjanjikan Yesus kekuasaan dan kemuliaan atas seluruh kerajaan dunia dengan syarat menyembah Iblis.
  • Godaan untuk membuktikan keilahian dengan cara yang salah: Iblis menantang Yesus untuk melompat dari bubungan Bait Allah dan mengutip ayat Alkitab tentang perlindungan malaikat.

Penjelasannya:

Lukas 4:1-13 menceritakan kisah Yesus yang menghadapi tiga godaan dari Iblis di padang gurun. Godaan-godaan ini merupakan ujian terhadap iman dan komitmen Yesus kepada Bapa.

Godaan pertama adalah godaan untuk memenuhi keinginan fisik. Iblis memanfaatkan rasa lapar Yesus setelah 40 hari berpuasa dan menawarkannya untuk mengubah batu menjadi roti. Yesus menolak godaan ini dengan menyatakan bahwa manusia hidup bukan hanya dari roti, tetapi dari firman Tuhan.

Godaan kedua adalah godaan untuk mendapatkan kehormatan dan kekuasaan. Iblis membawa Yesus ke tempat tinggi dan menunjukkan semua kerajaan dunia, menjanjikan Yesus seluruh kekuasaan dan kemuliaan itu jika Yesus menyembahnya. Yesus menolak godaan ini dengan menegaskan bahwa hanya Tuhan yang layak disembah.

Godaan ketiga adalah godaan untuk membuktikan keilahian dengan cara yang salah. Iblis membawa Yesus ke bubungan Bait Allah dan menantangnya untuk melompat ke bawah, dengan jaminan bahwa malaikat akan melindunginya. Yesus menolak godaan ini dengan mengingatkan Iblis bahwa manusia tidak boleh mencobai Tuhan.

Ketiga godaan ini mewakili berbagai bentuk godaan yang dihadapi manusia dalam hidup. Yesus menunjukkan kepada kita bagaimana cara melawan godaan dengan berpegang teguh pada firman Tuhan dan menolak tawaran yang mengalihkan kita dari kehendak Bapa.

Kisah ini memberikan pelajaran penting tentang pentingnya iman, keteguhan, dan komitmen dalam menghadapi godaan. Kita harus selalu waspada terhadap godaan dan selalu berpegang teguh pada nilai-nilai yang benar.

Komentar