Dari Cerita Tahbisan Ini, Apa yang Kamu Ketahui tentang Gereja yang Bersifat Apostolik?

Dari cerita tahbisan ini, apa yang kamu ketahui tentang Gereja yang bersifat apostolik?

Jawaban:

Dari cerita tahbisan Mgr. Paulinus Yan Olla MSF, yang saya ketahui tentang Gereja yang bersifat apostolik adalah:

Gereja memiliki struktur kepemimpinan yang berkelanjutan dan terhubung dengan para Rasul melalui tahbisan episkopal. Mgr. Paulinus, sebagai Uskup baru, menerima wewenang dan tugasnya dari para Uskup sebelumnya, yang menelusuri garis keturunan spiritualnya hingga para Rasul. Sifat apostolik ini memastikan bahwa Gereja memelihara dan meneruskan iman dan ajaran Yesus Kristus yang murni dan otentik kepada generasi selanjutnya.

Penjelasannya:

Upacara tahbisan Mgr. Paulinus Yan Olla MSF sebagai Uskup Tanjung Selor membuka wawasan kita tentang sifat apostolik Gereja. Pertama, tahbisan ini merupakan bagian dari tradisi suksesi apostolik, di mana Mgr. Paulinus menerima wewenang dan tugasnya dari para Uskup sebelumnya, yang menelusuri garis keturunan spiritualnya hingga para Rasul. Dengan demikian, Mgr. Paulinus melanjutkan karya para Rasul dalam memimpin dan menggembalakan umat di Keuskupan Tanjung Selor.

Kedua, Mgr. Paulinus menegaskan komitmennya untuk mewariskan iman dan ajaran Kristus kepada umat di Keuskupan Tanjung Selor. Hal ini menunjukkan bahwa Gereja yang apostolik bertugas menjaga dan meneruskan ajaran Yesus Kristus yang murni dan otentik kepada generasi selanjutnya.

Ketiga, tahbisan Mgr. Paulinus dihadiri oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo, menunjukkan kesatuan Gereja Katolik di seluruh dunia. Mgr. Paulinus, sebagai Uskup, menjadi bagian dari kolegium para Uskup yang bersatu di bawah kepemimpinan Paus. Hal ini mencerminkan sifat apostolik Gereja yang universal, di mana semua umat dipersatukan dalam iman dan kepemimpinan yang sama.

Keempat, tahbisan Mgr. Paulinus menandakan dimulainya babak baru dalam pewartaan Kabar Gembira di Keuskupan Tanjung Selor. Mgr. Paulinus, bersama para imam dan umat, akan terus melanjutkan misi Yesus Kristus untuk membawa keselamatan kepada semua orang.

Komentar