Ciri Manusia Baru Mana yang Relevan untuk Diterapkan Zaman Sekarang?

Ciri manusia baru mana yang relevan untuk diterapkan zaman sekarang?

Jawaban:

Ciri-ciri manusia baru yang relevan untuk diterapkan zaman sekarang adalah menanggalkan manusia lama dengan kebiasaan dan pola pikir yang tidak sesuai nilai Kristiani, seperti hawa nafsu, dusta, amarah, dan pencurian, serta mengenakan manusia baru dengan mengedepankan kebenaran, kekudusan, berkata-kata baik, bersikap ramah, penuh kasih mesra, dan saling mengampuni.

Penjelasannya:

Zaman sekarang penuh dengan berbagai tantangan dan godaan. Manusia mudah terjerumus dalam kebiasaan dan pola pikir yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Kristiani. Oleh karena itu, kita perlu menanggalkan manusia lama dan mengenakan manusia baru.

Menanggalkan manusia lama berarti melepaskan diri dari kebiasaan dan pola pikir yang berpusat pada hawa nafsu, dusta, amarah, dan pencurian. Kita juga harus menghindari perkataan kotor dan fitnah.

Mengenakan manusia baru berarti berpikir dan bertindak sesuai kehendak Allah, dengan mengedepankan kebenaran dan kekudusan. Kita harus berkata-kata dengan baik dan membangun, serta bersikap ramah, penuh kasih mesra, dan saling mengampuni.

Menjadi manusia baru tidak berarti sempurna. Kita semua masih dalam proses belajar dan bertumbuh. Namun, dengan berusaha menerapkan ciri-ciri manusia baru, kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan membawa pengaruh positif bagi orang lain.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan ciri-ciri manusia baru di zaman sekarang:
  • Mengendalikan diri dari penggunaan media sosial yang berlebihan, menghindari pornografi, dan menjaga pola makan dan kesehatan.
  • Berkata jujur dalam segala situasi, tidak menyebarkan berita bohong, dan menjaga reputasi diri dan orang lain.
  • Menghibur dan menguatkan orang lain dengan kata-kata yang positif, menghindari perkataan kasar dan menyakitkan.
  • Menolong orang lain yang membutuhkan, menunjukkan empati dan toleransi, dan menyelesaikan konflik dengan damai.

Menjadi manusia baru adalah proses yang berkelanjutan. Teruslah berusaha untuk bertumbuh dan menjadi pribadi yang lebih baik setiap hari.

Komentar