Bagaimana Tanggapan Masyarakat Setempat Peraturan yang Dikeluarkan Dewan Adat? tentang Dewan Adat Suku Maya di Raja Ampat

Bagaimana tanggapan masyarakat setempat peraturan yang dikeluarkan Dewan Adat? tentang Dewan Adat Suku Maya di Raja Ampat, agama katolik kelas 10 SMA/SMK.

Jawaban:

Masyarakat di Raja Ampat mendukung penuh peraturan adat yang dikeluarkan Dewan Adat. Hal ini terlihat dari antusiasme mereka dalam menghadiri musyawarah adat, serta kesadaran mereka bahwa peraturan tersebut dibuat untuk melindungi alam dan merupakan tanggung jawab bersama. Tokoh adat dan pemerintah daerah pun turut mendukung peraturan ini. Kesadaran ini juga ditunjukkan oleh wisatawan yang mulai menjaga keindahan alam Raja Ampat.

Penjelasannya:

Masyarakat di Raja Ampat menyambut dengan antusias dan mendukung penuh peraturan adat yang dikeluarkan oleh Dewan Adat Suku Maya. Antusiasme ini terlihat dari partisipasi aktif mereka dalam menghadiri musyawarah adat untuk membahas peraturan tersebut, serta kesediaan mereka untuk terlibat dalam diskusi dan memberikan masukan.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam Raja Ampat menjadi landasan utama dukungan mereka terhadap peraturan adat. Mereka memahami bahwa peraturan ini dibuat untuk melindungi ekosistem laut, menjaga kelestarian hutan, dan merupakan tanggung jawab bersama.

Dukungan terhadap peraturan adat ini juga datang dari para tokoh adat dan pemerintah daerah. Tokoh adat secara terbuka menyatakan dukungan mereka dan membantu mensosialisasikan peraturan adat kepada masyarakat luas. Pemerintah daerah pun menunjukkan komitmennya dengan mendukung peraturan adat dan berencana untuk memasukkannya ke dalam peraturan daerah (Perda).

Kesadaran ini juga mulai terlihat dari wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat. Mereka mulai menunjukkan kesadaran untuk menjaga keindahan alam dan mengikuti aturan dan norma yang berlaku, termasuk peraturan adat.

Komentar