Bagaimana Sikapku terhadap Kitab Suci Selama Ini? Agama Katolik Kelas 10 SMA/SMK

Bagaimana sikapku terhadap Kitab Suci selama ini?

Jawaban:

Sikap saya terhadap Kitab Suci selama ini masih perlu ditingkatkan. Saya memang memiliki rasa hormat dan percaya bahwa Kitab Suci adalah firman Tuhan yang mengandung nilai-nilai penting untuk kehidupan. Saya juga sering membacanya saat mengikuti misa atau perayaan keagamaan lainnya.

Namun, saya belum sepenuhnya menjadikan Kitab Suci sebagai sumber pedoman hidup sehari-hari. Saya masih jarang membacanya secara pribadi di luar kegiatan keagamaan. Pemahaman saya terhadap isi Kitab Suci juga masih terbatas, dan saya belum mampu menghubungkannya dengan situasi konkret dalam hidup saya.

Penjelasannya:

Meskipun saya menghormati dan percaya bahwa Kitab Suci adalah firman Tuhan yang penuh nilai, saya menyadari bahwa sikap saya terhadapnya masih perlu ditingkatkan. Saya memang sering membacanya saat misa, tetapi belum menjadikannya sebagai pedoman hidup sehari-hari. Jarang saya membacanya secara pribadi, dan pemahaman saya masih terbatas, sehingga belum mampu menghubungkannya dengan situasi konkret dalam hidup.

Terinspirasi oleh kata-kata Santo Hieronimus, "Tidak mengenal Kitab Suci berarti tidak mengenal Tuhan," saya terdorong untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Kitab Suci. Saya ingin menjadikannya sumber inspirasi, kekuatan, dan penuntun dalam hidup.

Berikut beberapa langkah konkret yang akan saya lakukan:
  • Meluangkan waktu untuk membaca Kitab Suci setiap hari, meskipun hanya beberapa ayat. Saya akan memulai dengan Injil dan kemudian menjelajahi bagian lain secara bertahap.
  • Mengikuti kelas pendalaman Kitab Suci atau mencari sumber-sumber belajar online untuk meningkatkan pemahaman saya.
  • Meluangkan waktu untuk merenungkan isi Kitab Suci dan menghubungkannya dengan situasi konkret dalam hidup. Saya ingin menemukan makna dan pesan yang ingin disampaikan Tuhan kepada saya.
  • Berusaha menerapkan nilai-nilai yang diajarkan dalam Kitab Suci dalam kehidupan sehari-hari. Saya ingin menjadi pribadi yang lebih beriman, kasih, dan berbelas kasih seperti Yesus Kristus.

Saya percaya bahwa dengan usaha keras untuk mengenal Kitab Suci, saya akan dapat mengenal Yesus Kristus secara lebih mendalam dan menjalin hubungan yang lebih pribadi dengan-Nya.

Komentar