Bagaimana Reaksi Para Murid Yesus Saat Mendengar tentang Yesus Bangkit?

Bagaimana reaksi para murid Yesus saat mendengar tentang Yesus bangkit?

Jawaban:

Reaksi para murid Yesus saat mendengar tentang kebangkitan-Nya beragam. Awalnya, mereka tidak percaya dan takut. Berita bohong tentang pencurian jenazah Yesus dan rasa kehilangan yang mendalam kemungkinan besar memengaruhi mereka.

Beberapa murid, seperti Maria Magdalena dan dua orang yang berjalan ke Emaus, mencari informasi lebih lanjut dan mendapatkan bukti melalui penampakan Yesus.

Meskipun ada keraguan, keinginan untuk mengetahui kebenaran mendorong mereka untuk mencari jawaban.

Penjelasannya:

Mendengar kabar kebangkitan Yesus, para murid menunjukkan beragam reaksi. Awalnya, mereka diselimuti keraguan dan rasa takut. Berita bohong tentang pencurian jenazah Yesus dan rasa kehilangan yang mendalam, seperti diceritakan dalam Matius 28:11-15, kemungkinan besar memengaruhi mereka. Bahkan, para perempuan yang pertama kali menerima kabar dari malaikat pun tidak langsung percaya, seperti yang tertulis dalam Markus 16:11. Hal serupa terjadi pada dua orang murid yang berjumpa dengan sosok lain (diduga Yesus), mereka tidak dipercayai oleh murid lainnya (Markus 16:13).

Rasa takut dan terkejut juga mewarnai reaksi para murid. Markus 16:8 menjelaskan bagaimana para perempuan yang menerima kabar dari malaikat menjadi takut dan gentar. Di tengah keraguan dan ketakutan, muncul pula rasa ingin tahu dan keinginan untuk mencari informasi lebih lanjut. Hal ini terlihat dalam kebingungan para perempuan saat mereka menuju makam Yesus, "Siapa yang akan menggulingkan batu itu bagi kalian dari pintu kubur?" (Markus 16:3).

Keinginan untuk mendapatkan bukti dan konfirmasi juga terlihat dalam kisah Tomas, salah satu murid yang baru percaya setelah melihat sendiri bekas luka Yesus dan menyentuhnya (Injil Yohanes 20:24-29).

Komentar