Bagaimana Hal Itu Terwujud dalam Gereja Katolik Dewasa Ini?

Bagaimana hal itu terwujud dalam Gereja Katolik dewasa ini?

Jawaban:

Dalam Gereja Katolik dewasa ini, perintah Yesus untuk menggembalakan domba-domba-Nya terwujud melalui peran para gembala, seperti imam dan uskup, yang menyampaikan ajaran dan bimbingan rohani kepada umat. Umat mendengarkan mereka melalui Misa, katekese, surat pastoral, dan dokumen resmi Gereja. Hal ini penting untuk belajar tentang iman Katolik dengan benar, mendapatkan bimbingan rohani, dan memelihara kesatuan Gereja.

Penjelasannya:

Yesus dalam Yohanes 21:15-19 memberikan tugas kepada Petrus untuk menggembalakan domba-domba-Nya. Perintah ini selaras dengan ajaran Katekismus Gereja Katolik (KGK) 87 yang menekankan pentingnya mendengarkan para gembala Gereja. Lalu, bagaimana hal ini terwujud dalam Gereja Katolik dewasa ini?

Para gembala Gereja Katolik, seperti imam dan uskup, merupakan penerus tugas para Rasul yang diutus Yesus untuk mengajar dan menggembalakan umat. Mereka menyampaikan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci dan Tradisi. Umat Katolik dapat mendengarkan mereka melalui berbagai cara, seperti Misa dan homili, katekese, surat pastoral, dan dokumen resmi Gereja.

Mendengarkan para gembala Gereja memiliki peran penting dalam kehidupan rohani umat. Pertama, dengan mendengarkan mereka, umat belajar tentang iman Katolik dengan benar dan memastikan pemahamannya sesuai dengan ajaran Gereja. Kedua, para gembala Gereja memberikan bimbingan rohani yang membantu umat bertumbuh dalam iman dan semakin dekat kepada Tuhan. Ketiga, dengan mengikuti arahan yang sama dari para gembala, Gereja Katolik memelihara kesatuan dalam iman dan persekutuan.

Meskipun penting untuk mendengarkan para gembala Gereja, umat perlu diingat bahwa mereka bukanlah pengganti hubungan pribadi dengan Tuhan. Umat tetap perlu membaca Kitab Suci dan berdoa untuk memperdalam imannya. Jika ada hal yang kurang dipahami, umat dapat bertanya kepada para gembala Gereja atau mencari penjelasan lebih lanjut.

Komentar