Apa yang Menjadi Himbauan Pokok Paulus dalam Surat Tersebut?

Apa yang menjadi himbauan pokok Paulus dalam surat tersebut?

Jawaban:

Yang menjadi himbauan pokok Paulus dalam surat tersebut adalah agar Timotius (dan juga kita sebagai pembaca) tetap teguh dalam iman kepada Kristus meskipun menghadapi tantangan dan penganiayaan. Hal ini ditekankan Paulus dengan mengingatkan Timotius tentang teladannya sendiri, pentingnya Kitab Suci, dan bahwa penganiayaan adalah hal yang wajar bagi orang yang mau hidup beribadah kepada Kristus.

Penjelasannya:

Dalam suratnya kepada Timotius, Paulus menyampaikan beberapa nasihat penting. Di antara nasihat-nasihat tersebut, terdapat satu himbauan pokok yang ingin disampaikan Paulus kepada Timotius, yaitu agar Timotius tetap teguh dalam iman kepada Kristus meskipun menghadapi berbagai tantangan dan penganiayaan.

Paulus memulai dengan memuji Timotius karena telah mengikuti teladannya dalam hal iman, kesabaran, dan kasih. Dia kemudian mengingatkan Timotius bahwa penganiayaan adalah sesuatu yang wajar dihadapi oleh orang yang mau hidup beribadah kepada Kristus. Hal ini penting untuk diingat agar Timotius tidak goyah dalam imannya ketika menghadapi kesulitan.

Paulus kemudian menasihati Timotius untuk tetap berpegang pada kebenaran yang telah diterimanya dan diyakini. Ini menunjukkan pentingnya bagi Timotius untuk memiliki fondasi iman yang kuat dan tidak tergoyahkan oleh ajaran sesat atau tantangan yang datang dari luar.

Selanjutnya, Paulus menekankan pentingnya Kitab Suci sebagai sumber hikmat dan pedoman untuk hidup benar dan mengenal keselamatan melalui Kristus. Kitab Suci adalah sumber kekuatan dan penuntun bagi Timotius dalam menjalani hidupnya sebagai orang Kristen.

Terakhir, Paulus menegaskan bahwa Kitab Suci adalah alat yang memperlengkapi umat beriman untuk melakukan perbuatan baik. Timotius didorong untuk tidak hanya memiliki iman yang teguh, tetapi juga menunjukkan imannya melalui perbuatan nyata.

Intinya, Paulus ingin agar Timotius tidak menyerah dalam menghadapi kesulitan, tetapi justru semakin kuat dan teguh dalam imannya dengan berpegang pada ajaran Kristus dan Kitab Suci. Nasihat ini juga berlaku bagi kita semua sebagai orang Kristen. Kita harus tetap teguh dalam iman dan tidak goyah oleh berbagai tantangan dan penganiayaan yang datang dalam hidup ini.

Komentar