Apa yang Menjadi Bukti Bahwa Yesus Bangkit? Agama Katolik Kelas 10 SMA/SMK

Apa yang menjadi bukti bahwa Yesus bangkit?

Jawaban:

Bukti kebangkitan Yesus, yakni: kabar dari malaikat di kubur yang kosong, penampakan Yesus kepada para murid di berbagai tempat, dan perubahan sikap murid-murid yang menjadi berani memberitakan Injil setelah sebelumnya dilanda kesedihan dan ketakutan.

Penjelasannya:

Ada beberapa bukti yang menunjukkan kebangkitan Yesus. Pertama, Injil Markus dan Matius mencatat adanya malaikat yang memberitahu para perempuan tentang kebangkitan Yesus.

Kedua, keempat Injil (Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes) menyatakan bahwa kuburan Yesus ditemukan kosong, menunjukkan bahwa tubuhnya tidak lagi ada di sana.

Ketiga, Injil Markus dan Yohanes mencatat beberapa peristiwa penampakan Yesus kepada murid-muridnya setelah kebangkitan, termasuk penampakan pertama kepada Maria Magdalena.

Keempat, teks Injil menunjukkan perubahan drastis dalam sikap murid-murid; dari sedih dan takut setelah kematian Yesus, mereka menjadi berani memberitakan Injil ke seluruh dunia setelah kebangkitan-Nya. Perubahan ini menunjukkan bahwa mereka mengalami sesuatu yang meyakinkan tentang kebangkitan Yesus.

Komentar