Apa yang Dilakukan Bartimeus Ketika Mendengar Yesus Lewat di Dekatnya?

Apa yang dilakukan Bartimeus ketika mendengar Yesus lewat di dekatnya?

Jawaban:

Ketika mendengar Yesus lewat, Bartimeus dengan penuh iman dan kegigihan berseru kepada Yesus untuk memohon belas kasihan. Dia tidak gentar meskipun banyak orang menegurnya. Ketika Yesus memanggilnya, Bartimeus dengan antusias berdiri dan pergi menjumpai Yesus. Dia dengan jelas menyatakan keinginannya untuk dapat melihat. Setelah disembuhkan, Bartimeus dengan setia mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya.

Penjelasannya:

Ketika Bartimeus, seorang pengemis buta, mendengar Yesus lewat di dekatnya, dia tidak tinggal diam. Dia berteriak dengan keras, "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!" meskipun banyak orang menegurnya. Kegigihan dan imannya yang teguh tidak goyah. Ketika Yesus mendengarnya, Dia memanggil Bartimeus. Tanpa ragu, Bartimeus segera berdiri dan pergi menemui Yesus. Dia menyatakan keinginannya dengan jelas: dia ingin dapat melihat. Yesus pun menyembuhkannya. Lebih dari sekadar rasa terima kasih, Bartimeus mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya, menunjukkan kesetiaannya sebagai pengikut dan murid.

Kisah Bartimeus menunjukkan sikap-sikap penting dalam membangun persahabatan dengan Yesus, yaitu:
  • Bartimeus percaya bahwa Yesus dapat membantunya.
  • Dia tidak menyerah meskipun banyak rintangan.
  • Dia tetap fokus pada tujuannya untuk bertemu Yesus.
  • Dia menyatakan keinginannya dengan jelas kepada Yesus.
  • Dia mengikuti Yesus setelah disembuhkan.

Yesus adalah sahabat yang selalu siap membantu dan mendengarkan kita. Mari kita belajar dari Bartimeus dan menunjukkan iman, kegigihan, keteguhan, kejelasan, dan kesetiaan dalam membangun persahabatan yang erat dengan Yesus.

Komentar