Apa Tugas yang Diberikan Kepada Petrus? Agama Katolik Kelas 10 SMA/SMK

Apa tugas yang diberikan kepada Petrus?

Jawaban:

Yesus memberikan tugas kepada Petrus untuk menggembalakan domba-domba-Nya sebanyak tiga kali setelah Petrus menegaskan kasihnya kepada Yesus. Tugas ini berarti memimpin dan mengurus para pengikut Yesus, termasuk tanggung jawab untuk mengajar, membimbing, melayani, dan menjaga jemaat.

Tugas ini menjadi dasar bagi peran para gembala Gereja Katolik, seperti Paus, Uskup, dan Pastor, yang dipandang sebagai penerus tugas Petrus.

Penjelasannya:

Yesus menugaskan Petrus untuk menggembalakan domba-domba-Nya, sebuah amanah yang ditegaskan tiga kali dalam Yohanes 21:15-19. Penegasan ini menunjukkan betapa pentingnya tugas ini.

Domba-domba melambangkan umat beriman, sehingga tugas Petrus adalah memimpin dan mengurus para pengikut Yesus. Tanggung jawabnya meliputi:
  • Mengajarkan ajaran Yesus, memastikan umat memahami dan mengikuti jalan-Nya.
  • Membimbing dan menguatkan iman, membantu umat bertumbuh dalam iman dan menghadapi keraguan.
  • Melayani dan menjaga jemaat, memastikan kebutuhan rohani dan jasmani mereka terpenuhi.

Tugas Petrus ini menjadi landasan bagi peran para gembala Gereja Katolik, seperti Paus, Uskup, dan Pastor. Mereka adalah penerus Petrus dalam menggembalakan dan memimpin umat beriman.

Katekismus Gereja Katolik (KGK) 87 menegaskan bahwa umat beriman harus menghormati para gembala karena mereka menyampaikan ajaran dan petunjuk dari Yesus.

Komentar