Apa Saja yang Menjadi Ciri-Ciri Mesias yang Ada dalam Nubuat Zakharia?

Apa saja yang menjadi ciri-ciri Mesias yang ada dalam nubuatnya? (Zakharia)

Jawaban:

Ciri-ciri Mesias yang dinubuatkan Zakharia meliputi: Keturunan Daud, Pembawa keselamatan, Pemenuh janji, Raja yang rendah hati, Pembawa pengampunan dosa, dan Terang bagi dunia. Yesus Kristus menggenapi semua ciri ini, menunjukkan bahwa Dia adalah Mesias yang dijanjikan.

Penjelasannya:

Nubuat Zakharia tentang Mesias menyingkapkan ciri-ciri istimewa yang menandakan kedatangan-Nya. Pertama, Mesias dinubuatkan sebagai keturunan Raja Daud, menandakan kepemimpinan-Nya yang adil dan bijaksana. Kedua, Dia digambarkan sebagai Pembawa keselamatan, membebaskan umat dari dosa dan maut, mengalahkan musuh, dan mengantarkan kedamaian. Ketiga, Mesias dijanjikan sebagai pemenuh janji Allah kepada Abraham, membawa berkat bagi seluruh bangsa.

Lebih dari itu, Mesias dinubuatkan sebagai Raja yang rendah hati, datang dengan kesederhanaan, bukan kemegahan duniawi. Dia akan membawa pengampunan dosa dan keselamatan bagi umat-Nya. Nubuat ini menyamakan Mesias dengan "Surya pagi dari tempat yang tinggi", menerangi mereka yang hidup dalam kegelapan dosa dan mengantarkan mereka kepada jalan damai sejahtera.

Nubuat Zakharia ini menjadi penting karena memberikan gambaran jelas tentang Yesus Kristus. Yesus, yang dilahirkan dari garis keturunan Raja Daud, datang untuk membawa keselamatan bagi umat-Nya. Dia menggenapi janji Allah kepada Abraham dengan mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia. Kedatangan-Nya yang sederhana dan rendah hati menawarkan pengampunan dosa dan kedamaian bagi semua orang.

Nubuat ini menegaskan peran Yesus sebagai Mesias yang dijanjikan, yang telah datang untuk menyelamatkan kita dari dosa dan maut. Kehadiran-Nya membawa harapan dan terang bagi dunia yang penuh dengan kegelapan dan dosa.

Komentar