Apa Pesan yang Hendak Disampaikan dari Katekismus Gereja Katolik Artikel 100 di Atas?

Apa pesan yang hendak disampaikan dari Katekismus Gereja Katolik artikel 100 di atas?

Jawaban:

Pesan yang hendak disampaikan dari Katekismus Gereja Katolik artikel 100 adalah bahwa hanya Wewenang Mengajar Gereja, yaitu Paus dan para Uskup yang bersatu dengannya, yang memiliki tugas untuk menjelaskan Sabda Allah secara mengikat.

Penjelasannya:

Katekismus Gereja Katolik artikel 100 menegaskan bahwa hanya Wewenang Mengajar Gereja yang memiliki tugas untuk menjelaskan Sabda Allah secara mengikat. Wewenang ini dipegang oleh Paus dan para Uskup yang bersatu dengannya.

Sabda Allah, yang terwujud dalam Kitab Suci dan Tradisi Suci, merupakan pewahyuan Allah kepada manusia. Wewenang Mengajar Gereja, diwariskan dari Yesus Kristus kepada para rasul dan kemudian kepada Paus dan para Uskup, memiliki otoritas untuk menafsirkan Sabda Allah secara resmi dan mengikat bagi seluruh umat Katolik.

Tugas ini diemban untuk menjaga kesatuan iman di antara umat Katolik di seluruh dunia, melindungi mereka dari penyesatan interpretasi yang keliru, dan memastikan pemahaman yang benar tentang makna-makna mendalam dalam Sabda Allah.

Contoh penerapannya dapat dilihat ketika Paus mengeluarkan ensiklik, yang wajib diterima sebagai ajaran resmi Gereja, dan ketika Uskup memberikan homili yang wajib didengarkan dengan penuh perhatian oleh umat di keuskupannya.

Dengan demikian, Wewenang Mengajar Gereja memainkan peran penting dalam memelihara iman Katolik yang murni dan autentik.

Komentar