Apa Peran atau Fungsi Kitab Suci Sebagaimana Dikatakan Paulus dalam Suratnya?

Apa peran atau fungsi Kitab Suci sebagaimana dikatakan Paulus dalam suratnya?

Jawaban:

Peran atau fungsi Kitab Suci sebagaimana dikatakan Paulus dalam suratnya adalah Kitab Suci memberikan hikmat, menuntun kepada keselamatan, mengajar dan membetulkan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan mendidik dalam kebenaran, serta memperlengkapi manusia kepunyaan Allah untuk setiap perbuatan baik.

Penjelasannya:

Rasul Paulus, dalam suratnya kepada Timotius, menjelaskan peran dan fungsi penting Kitab Suci. Bagi Paulus, Kitab Suci bukan hanya sekedar teks kuno, tetapi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan orang Kristen.

Pertama, Kitab Suci memberikan hikmat kepada pembacanya. Hikmat ini bukan hanya pengetahuan biasa, tetapi kebijaksanaan dan pemahaman yang mendalam tentang kehidupan. Dengan membaca dan merenungkan Kitab Suci, kita dapat memperoleh pandangan yang lebih baik tentang dunia dan bagaimana menjalani hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

Kedua, Kitab Suci menuntun kita kepada keselamatan. Ini berarti bahwa dengan mempelajari Kitab Suci, kita dapat memahami ajaran Yesus Kristus dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, kita dapat semakin dekat dengan Tuhan dan pada akhirnya mencapai keselamatan.

Ketiga, Kitab Suci mengajar dan membetulkan kesalahan. Melalui Kitab Suci, kita diajarkan tentang moral dan nilai-nilai spiritual yang membantu kita membedakan antara yang benar dan yang salah. Kitab Suci juga membantu kita untuk menghindari kesalahan dan hidup sesuai dengan ajaran Tuhan.

Keempat, Kitab Suci memperbaiki kelakuan dan mendidik dalam kebenaran. Selain memberikan pengetahuan, Kitab Suci juga memotivasi kita untuk bertindak baik dan hidup sesuai dengan nilai-nilai kebenaran yang diajarkan oleh Tuhan.

Kelima, Kitab Suci memperlengkapi manusia kepunyaan Allah untuk setiap perbuatan baik. Dengan membaca dan mempelajari Kitab Suci, kita dibekali dengan pengetahuan dan motivasi spiritual yang dibutuhkan untuk hidup dengan baik dan melakukan perbuatan baik sesuai dengan kehendak Tuhan.

Kesimpulannya, Kitab Suci, menurut Paulus, dapat diibaratkan sebagai pedoman hidup yang memberikan petunjuk dan kekuatan kepada kita untuk menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran Tuhan, mencapai keselamatan, dan berbuat baik kepada sesama.

Komentar