Apa Maksudnya Gereja yang Bersifat atau Berciri Apostolik?

Apa maksudnya Gereja yang bersifat atau berciri apostolik?

Jawaban:

Gereja yang bersifat atau berciri apostolik maksudnya adalah Gereja yang didirikan atas dasar para rasul dan memiliki hubungan erat dengan mereka dalam hal ajaran, kepemimpinan, misi, dan bimbingan Roh Kudus. Ciri ini menunjukkan bahwa Gereja Katolik adalah kelanjutan dari karya Yesus Kristus di dunia.

Penjelasannya:

Gereja yang bersifat apostolik memiliki makna mendalam, yaitu bahwa Gereja didirikan atas dasar para rasul dan memiliki hubungan erat dengan mereka. Ciri ini bukan hanya sebatas sejarah, tetapi memiliki pengaruh besar dalam kehidupan Gereja hingga saat ini.

Aspek pertama dari sifat apostolik adalah ajaran yang sama dengan para rasul. Gereja Katolik berpegang teguh pada ajaran yang diwariskan secara turun-temurun melalui Tradisi Suci dan Kitab Suci. Ajaran ini menjadi pedoman bagi umat Kristiani dalam menjalani iman mereka.

Struktur kepemimpinan Gereja juga mencerminkan sifat apostolik. Para rasul diutus oleh Yesus untuk memimpin Gereja, dan setelah mereka wafat, tugas ini diteruskan oleh para uskup sebagai penerus mereka. Para uskup, bersama dengan Paus sebagai pemimpin tertinggi, memimpin Gereja dalam kesatuan iman dan ajaran.

Misi pewartaan Injil merupakan salah satu ciri penting dari Gereja yang bersifat apostolik. Misi ini dimulai oleh para rasul dan terus dilanjutkan oleh umat Kristiani di zaman sekarang. Misi ini diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti katekese, evangelisasi, dan karya pelayanan sosial.

Roh Kudus berperan penting dalam membimbing Gereja yang bersifat apostolik. Roh Kudus diutus oleh Yesus setelah kenaikan-Nya ke surga dan menuntun Gereja agar tetap setia pada ajaran Kristus. Roh Kudus juga membantu Gereja dalam melaksanakan misinya di dunia.

Komentar