Apa Makna Wafat Yesus? Agama Katolik Kelas 10 SMA/SMK

Apa makna wafat Yesus?

Jawaban:

Makna wafat Yesus adalah Yesus wafat sebagai kurban penghapus dosa manusia, penggenapan nubuat, bukti kasih Allah, dan jalan keselamatan.  Meskipun Yesus menderita dan mati, kebangkitan-Nya menunjukkan kemenangan atas kematian dan membuka jalan bagi manusia untuk diselamatkan.

Penjelasannya:

Injil Markus pasal 14 dan 15 memaparkan makna wafat Yesus yang kompleks. Yesus wafat sebagai kurban penghapus dosa manusia, seperti yang dilambangkan dalam perjamuan terakhir saat Ia menyamakan roti dan anggur dengan tubuh dan darah-Nya yang "ditumpahkan bagi banyak orang" (Markus 14:22-24). Wafat-Nya pun merupakan penggenapan nubuat yang telah tertulis dalam kitab suci (Markus 14:21), dan dimanfaatkan oleh para penuduh-Nya untuk menjatuhkan hukuman mati (Markus 15:28).

Wafat Yesus juga merupakan bukti kasih Allah yang luar biasa. Ia rela menderita dan mati meskipun tidak bersalah (Markus 15:14-15). Kedatangan-Nya ke dunia adalah untuk melayani dan memberikan nyawa-Nya sebagai tebusan bagi banyak orang (Markus 10:45). Melalui wafat-Nya, Yesus menggenapi rencana Allah untuk menyelamatkan manusia (Markus 15:39).

Meskipun demikian, kisah wafat Yesus dalam perikop ini hanya sebagian dari keseluruhan kisah-Nya. Untuk memahami makna wafat Yesus secara menyeluruh, penting untuk mengingat pula kebangkitan-Nya yang merupakan kemenangan atas kematian.

Komentar