Apa Makna Kekudusan dalam Teks Kitab Suci Ini (Roma 1:1-7)?

Apa makna kekudusan dalam teks Kitab Suci ini (Roma 1:1-7)?

Jawaban:

Makna kekudusan dalam teks Kitab Suci Roma 1:1-7 adalah dipanggil dan dikhususkan oleh Allah untuk melayani Dia.  Hal ini berlaku bagi hamba Tuhan seperti Paulus maupun jemaat secara keseluruhan.  Kekudusan bukan berarti sempurna tanpa dosa, melainkan dipisahkan untuk menjadi milik Kristus dan memiliki tanggung jawab untuk hidup sesuai panggilan tersebut.

Penjelasannya:

Teks Roma 1:1-7 membahas tentang makna kekudusan. Kata "dikuduskan" muncul dua kali, pertama untuk Paulus di ayat 1 dan kedua untuk jemaat di Roma di ayat 7. Meskipun demikian, makna kekudusan di kedua ayat ini saling terkait.

Dalam ayat 1, kekudusan Paulus merujuk pada panggilan dan pengkhususan dirinya untuk melayani Tuhan. Paulus dipisahkan dari tujuan hidup biasa dan diberikan tugas khusus untuk menyebarkan Injil.

Di ayat 7, makna kekudusan bagi jemaat Roma mirip dengan Paulus. Mereka dipanggil oleh Allah dan dijadikan kudus. Ini bukan berarti mereka sempurna tanpa dosa, melainkan mereka dipisahkan untuk menjadi milik Kristus dan memiliki tanggung jawab untuk hidup sesuai ajaran-Nya.

Sebagai gambaran sederhana, bayangkan Anda ditunjuk untuk mewakili sekolah dalam sebuah kompetisi. Anda dipilih karena kemampuan Anda, namun Anda juga perlu berlatih dan mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh untuk bisa bertanding dengan baik. Begitu pula dengan kekudusan. Kita dipilih dan dikhususkan oleh Tuhan, namun kita juga perlu berusaha hidup seturut dengan panggilan tersebut.

Komentar