Apa Makna Kejadian Tersebut Bila Dikaitkan dengan Persahabatan?

Apa makna kejadian tersebut bila dikaitkan dengan persahabatan?

Jawaban:

Makna kejadian dalam kisah kebangkitan Lazarus tersebut bila dikaitkan dengan persahabatan adalah bahwa Yesus menunjukkan kualitas persahabatan yang ideal, yaitu kesetiaan, kepedulian, kasih sayang, kuasa, dan kemampuan untuk memberikan harapan. Yesus tidak hanya hadir dalam suka, tetapi juga dalam duka. Dia rela berkorban dan menunjukkan kasih yang luar biasa kepada sahabatnya, bahkan sampai membangkitkannya dari kematian. Hal ini memberikan contoh bagi kita semua tentang bagaimana menjadi sahabat sejati yang selalu ada untuk sahabatnya dalam situasi apapun.

Penjelasannya:

Kisah kebangkitan Lazarus dalam Injil Yohanes 11:32-44 mengandung makna yang mendalam tentang persahabatan Yesus dengan Lazarus dan para pengikutnya. Yesus menunjukkan kualitas persahabatan yang ideal, yaitu kesetiaan, kepedulian, kasih sayang, kuasa, dan kemampuan untuk memberikan harapan.

Yesus menunjukkan kesetiaan dan kepedulian yang luar biasa kepada Lazarus dan keluarganya. Meskipun Lazarus sudah meninggal selama empat hari, Yesus tetap datang dan membangkitkannya. Hal ini menunjukkan bahwa Yesus adalah sahabat yang selalu setia dan peduli kepada sahabatnya, bahkan dalam situasi yang paling sulit sekalipun.

Yesus juga menunjukkan empati dan kasih sayang yang besar kepada sahabatnya. Ia merasakan kesedihan dan dukacita yang dialami Maria dan Marta atas kematian Lazarus, dan Ia pun menangis bersama mereka.

Kebangkitan Lazarus menunjukkan kuasa Yesus atas kematian. Yesus bukan hanya sahabat yang setia dan penuh kasih, tetapi juga memiliki kuasa untuk memberikan kehidupan. Hal ini dapat membangun kepercayaan para sahabatnya bahwa Yesus mampu menolong mereka dalam situasi apapun.

Yesus mendorong Marta dan Maria untuk percaya kepada-Nya. Kebangkitan Lazarus menjadi tanda bahwa Yesus adalah Mesias yang diutus Allah. Hal ini memberikan harapan bagi para sahabatnya bahwa mereka akan diselamatkan dan memiliki kehidupan kekal.

Yesus rela menanggung risiko dengan membangkitkan Lazarus. Orang-orang Farisi ingin membunuh Lazarus dan Yesus karena mukjizat ini. Hal ini menunjukkan bahwa Yesus rela berkorban dan menunjukkan kesetiaannya kepada sahabatnya.

Kisah kebangkitan Lazarus menunjukkan bahwa Yesus adalah sahabat sejati yang selalu ada untuk sahabatnya dalam situasi apapun. Yesus menjadi model persahabatan yang ideal bagi kita semua. Kita diajak untuk meneladani kualitas persahabatan Yesus dalam kehidupan kita sehari-hari.

Komentar