Apa Makna Gereja Sebagai Persekutuan yang Terbuka?

Apa makna Gereja sebagai persekutuan yang terbuka?

Jawaban:

Makna Gereja sebagai persekutuan yang terbuka adalah bahwa Gereja tidak hanya terbatas pada sekelompok orang yang memiliki keyakinan yang sama, tetapi juga terbuka bagi semua orang tanpa terkecuali.

Keterbukaan ini diwujudkan dalam berbagai aspek, seperti menerima dan merangkul semua orang, dialog dan kerjasama dengan pihak lain, aktif dalam membantu mereka yang membutuhkan, fokus pada masalah-masalah sosial, mendorong partisipasi dalam membangun dunia yang lebih baik, dan terus berusaha memahami kehendak Allah.

Penjelasannya:

Gereja bukan hanya sekelompok orang yang memiliki keyakinan sama, melainkan persekutuan yang terbuka bagi semua orang tanpa terkecuali. Keterbukaan ini diwujudkan dalam berbagai aspek.

Pertama, Gereja menerima dan merangkul semua orang dengan latar belakang berbeda, baik suku, ras, agama, maupun status sosial. Gereja mendorong dialog dan kerjasama dengan pihak lain untuk membangun masyarakat yang lebih baik. Keaktifan Gereja dalam membantu mereka yang membutuhkan, tanpa memandang latar belakang, merupakan bukti nyata keterbukaannya.

Kedua, Gereja tidak hanya fokus pada hal-hal rohani, tetapi juga memperhatikan masalah-masalah sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Gereja mendorong anggotanya untuk terlibat aktif dalam membangun dunia yang lebih adil dan damai. Keterbukaan terhadap berbagai ide dan pemikiran baru pun menjadi ciri khas Gereja untuk memperkaya iman dan misinya.

Ketiga, Gereja percaya bahwa Roh Kudus terus membimbing dan memperbarui Gereja. Keterbukaan terhadap berbagai karunia Roh Kudus yang diberikan kepada anggotanya menjadi kekuatan Gereja. Di tengah dunia yang terus berubah, Gereja terus berusaha memahami kehendak Allah.

Dialog antar agama untuk membangun toleransi, kerjasama dengan organisasi kemanusiaan, pelayanan sosial, dan keterlibatan dalam kegiatan politik untuk memperjuangkan keadilan dan perdamaian adalah contoh-contoh nyata wujud Gereja sebagai persekutuan yang terbuka.

Komentar