Apa Makna Gereja Sebagai Persekutuan?

Apa makna Gereja sebagai persekutuan?

Jawaban:

Makna Gereja sebagai persekutuan adalah persatuan umat Allah yang dipersatukan oleh iman kepada Yesus Kristus. Persekutuan ini ditandai dengan kesatuan dan persaudaraan, keterbukaan dan dialog, partisipasi dan kepedulian, serta pewartaan Kabar Gembira.

Penjelasannya:

Tak hanya sekadar bangunan, Gereja adalah sebuah persekutuan umat Allah yang dipersatukan oleh iman kepada Yesus Kristus. Persekutuan ini bagaikan sebuah keluarga besar, di mana semua anggotanya memiliki martabat yang sama, saling menghormati, dan saling mendukung dalam suka dan duka. Umat Kristiani dipanggil untuk hidup dalam persaudaraan kasih, mewujudkan nilai-nilai kekeluargaan yang erat dan penuh kasih.

Gereja tidak menutup diri dari dunia luar. Justru, Gereja terbuka untuk berdialog dengan semua orang, termasuk mereka yang memiliki agama atau kepercayaan yang berbeda. Dialog ini bertujuan untuk saling mengenal, memahami, dan membangun hubungan yang harmonis. Dengan demikian, Gereja turut menciptakan toleransi dan kerukunan antarumat beragama.

Sebagai persekutuan, umat Kristiani tidak hanya fokus pada kehidupan rohani. Mereka juga aktif dalam kehidupan sosial dan politik, terpanggil untuk membangun dunia yang lebih adil, damai, dan sejahtera bagi semua orang. Gereja mendorong partisipasi dan kepedulian anggotanya dalam berbagai upaya untuk mewujudkan nilai-nilai Kerajaan Allah di dunia.

Gereja memiliki tugas mulia untuk mewartakan Kabar Gembira keselamatan kepada semua orang. Umat Kristiani diutus untuk menjadi saksi Kristus di dunia, membawa terang kasih-Nya kepada semua bangsa. Melalui pewartaan dan teladan hidup, mereka menyebarkan pesan Yesus Kristus dan menuntun orang lain kepada keselamatan.

Komentar