Apa Makna Gereja Menurut Teks Kitab Suci Tersebut? Sebutkan Ayat-Ayat Terkait!

Apa makna Gereja menurut teks Kitab Suci tersebut? Sebutkan ayat-ayat terkait!

Jawaban:

Makna Gereja menurut teks Kitab Suci Kisah Para Rasul 2:41-47 adalah komunitas orang-orang percaya yang hidup dalam persekutuan erat dengan Allah dan satu sama lain (ayat 42, 44, 46-47). Mereka berkomitmen untuk belajar dan bertumbuh dalam iman (ayat 42), saling mendukung dan menguatkan (ayat 44), serta bersukacita dalam ibadah dan pelayanan bersama (ayat 46-47).

Penjelasannya:

Kisah Para Rasul 2:41-47 melukiskan gambaran indah tentang makna Gereja. Lebih dari sekadar bangunan atau organisasi, Gereja adalah komunitas orang-orang percaya yang hidup dalam persekutuan erat dengan Allah dan satu sama lain.

Komunitas ini dibentuk oleh mereka yang menerima perkataan para rasul dan dibaptis (ayat 41). Mereka berkomitmen untuk belajar dan bertumbuh dalam iman, bertekun dalam pengajaran para rasul dan saling menguatkan dalam persekutuan (ayat 42).

Keintiman persekutuan ini digambarkan melalui mujizat dan tanda yang dilakukan para rasul, menunjukkan kuasa Allah yang bekerja dalam komunitas (ayat 43). Lebih dari itu, mereka hidup dalam persatuan yang erat, berbagi harta dan kebutuhan secara bersama (ayat 44).

Sukacita dan rasa syukur mewarnai ibadah mereka. Berkumpul di bait Allah, mereka memuji Allah, mendengarkan firman-Nya, dan memecahkan roti bersama (ayat 46). Kebersamaan ini menjadi simbol persekutuan mereka dengan Yesus dan satu sama lain.

Singkatnya, Gereja bukan hanya tempat beribadah, tetapi komunitas yang hidup dalam kasih, saling mendukung, dan bertumbuh bersama dalam iman. Sukacita dan rasa syukur mereka kepada Allah terpancar dalam ibadah dan pelayanan bersama.

Komentar