Apa Makna Doa? Agama Katolik Kelas 11 SMA/SMK

Apa makna doa?

Jawaban:

Makna doa adalah membangun hubungan yang intim dan pribadi dengan Tuhan, bukan untuk pamer atau berharap dikabulkan karena banyak bicara. Doa merupakan ungkapan hati yang bergantung pada kasih dan pemeliharaan Tuhan, dengan fokus pada penghormatan kepada-Nya, penyerahan diri kepada kehendak-Nya, dan permohonan untuk kebutuhan pokok, kekuatan, dan perlindungan.

Penjelasannya:

Doa bukan sekadar ritual keagamaan, melainkan sebuah percakapan intim dan personal dengan Sang Pencipta. Di dalam Injil Matius 6:5-13, Yesus memberikan makna doa yang jauh lebih dalam daripada sekadar lantunan kata-kata indah.

Doa adalah cara kita membangun hubungan yang erat dengan Tuhan, seperti seorang anak yang berkomunikasi dengan Bapa tercintanya. Ini bukan tentang pertunjukan untuk dilihat orang lain, melainkan ungkapan hati yang tulus dan jujur kepada Tuhan (ayat 5-6).

Doa yang benar tidak diukur dari banyaknya kata-kata yang diucapkan. Tuhan sudah mengetahui apa yang kita butuhkan, bahkan sebelum kita memintanya (ayat 7-8). Doa yang diajarkan Yesus, Doa Bapa Kami, lebih menekankan penghormatan kepada-Nya dan penyerahan diri kepada kehendak-Nya (ayat 9-10).

Meskipun demikian, doa juga mencakup permohonan untuk kebutuhan pokok kita, seperti makanan dan pengampunan (ayat 11-12). Doa menjadi sarana untuk memohon pertolongan Tuhan agar terhindar dari pencobaan dan kejahatan (ayat 13).

Komentar