Apa Itu Liturgi? Agama Katolik Kelas 11 SMA/SMK

Apa itu liturgi?

Jawaban:

Liturgi adalah perayaan iman umat Kristiani yang bukan hanya ritual kosong, melainkan pengungkapan iman Gereja yang melibatkan seluruh umat dalam misteri yang dirayakan.
 
Penjelasannya:

Liturgi merupakan sebuah perayaan iman umat Kristiani yang bukan hanya sebuah ritual kosong. Lebih dari itu, liturgi adalah pengungkapan iman Gereja yang melibatkan seluruh umat dalam misteri yang dirayakan.

Liturgi bukan hanya tentang partisipasi lahiriah, melainkan partisipasi hati yang menghayati makna di balik setiap doa dan tindakan. Liturgi mempersatukan umat dengan Kristus yang hadir dalam perayaan, dan dengan sesama umat. Sifat resminya pun hadir karena Kristus bersatu dengan umat yang berdoa.

Liturgi memiliki beberapa fungsi penting. Pertama, liturgi membantu umat untuk menjadi lebih kudus dan mendekatkan diri kepada Allah. Kedua, liturgi menjadi wadah untuk mengungkapkan iman secara pribadi dan bersama-sama. Ketiga, liturgi, khususnya Ekaristi, menjadi sumber dan puncak dari seluruh kehidupan Kristiani.

Liturgi juga memiliki hubungan erat dengan doa. Liturgi meliputi doa pribadi dan bersama. Doa pribadi merupakan ungkapan iman individu, sedangkan doa bersama menunjukkan persatuan umat. Doa dalam liturgi berakar pada kehidupan nyata dan menjadi dialog antara manusia dan Allah. Liturgi bukan hanya tentang berbicara kepada Allah, tetapi juga mendengarkan firman-Nya.

Komentar