Apa Itu Kaum Awam dalam Katolik

Apa itu kaum awam?

Jawaban:

Kaum awam adalah semua orang yang dibaptis dalam Kristus, yang tidak menerima tahbisan suci (imamat atau diakonat) dan tidak termasuk dalam status religius yang diakui dalam Gereja. Mereka memiliki peran penting dalam menguduskan dunia dan membangun Kerajaan Allah melalui karya dan kesaksian hidup mereka di tengah masyarakat.

Penjelasannya:

Kaum awam, yang merupakan mayoritas umat Katolik, adalah semua orang yang dibaptis dalam Kristus dan tidak menerima tahbisan suci ataupun terikat dalam status religius. Dibaptis dalam Kristus berarti menjadi bagian dari umat Allah dan memiliki hak serta kewajiban untuk berperan aktif dalam kehidupan dan karya Gereja.

Peran kaum awam sangatlah penting. Mereka memiliki tugas utama untuk menguduskan dunia melalui karya dan kesaksian hidup mereka di tengah masyarakat. Kaum awam terlibat aktif dalam berbagai karya kerasulan, seperti pewartaan Injil, katekese, liturgi, pelayanan kasih, dan karya sosial. Mereka juga dapat memimpin komunitas Kristiani di berbagai tingkatan, seperti paroki, keuskupan, dan bahkan di tingkat universal.

Namun, kaum awam juga menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan pengetahuan tentang ajaran Gereja, kurangnya waktu dan tenaga, serta kurangnya dukungan dari hierarki dan komunitas. Untuk mengatasi tantangan ini, kaum awam perlu terus belajar dan memperdalam iman, menyeimbangkan tanggung jawab di dunia dan peran dalam Gereja, dan membangun kerjasama yang erat dengan hierarki dan komunitas.

Meskipun ada tantangan, peran kaum awam tidak dapat diabaikan. Dengan dibaptis dalam Kristus, kaum awam memiliki hak dan kewajiban untuk berkontribusi secara signifikan dalam menguduskan dunia dan membangun Kerajaan Allah. Kaum awam adalah kekuatan utama dalam Gereja Katolik.

Komentar