Apa Itu Dokumen Abdu Dhabi?

Apa itu dokumen Abdu Dhabi?

Jawaban:

Dokumen Abu Dhabi adalah sebuah deklarasi bersama yang ditandatangani oleh Paus Fransiskus dan Sheikh Ahmed el-Tayeb pada tahun 2019. Dokumen ini berisi 12 poin penting yang menyerukan perdamaian, toleransi, dan hidup bersama secara harmonis antarumat beragama. Dokumen ini merupakan peta jalan yang berharga untuk membangun persaudaraan manusia di dunia yang penuh dengan konflik dan perpecahan.

Penjelasannya:

Pada tahun 2019, Paus Fransiskus dan Sheikh Ahmed el-Tayeb, pemimpin dua institusi agama besar, menandatangani sebuah deklarasi bersejarah di Abu Dhabi. Dokumen Abu Dhabi, atau "Dokumen tentang Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Berdampingan", menandakan momen penting dalam upaya membangun dialog antaragama dan persaudaraan manusia.

Dokumen ini berisi 12 poin penting yang menyerukan perdamaian, toleransi, dan hidup bersama secara harmonis antarumat beragama. Poin-poin tersebut menegaskan bahwa ajaran agama yang otentik tidak pernah menjustifikasi kekerasan dan ekstremisme, dan bahwa kebebasan beragama, keadilan sosial, dan dialog antarumat beragama adalah kunci untuk mencapai perdamaian dan persaudaraan.

Dokumen ini juga menekankan pentingnya melindungi tempat ibadah, menentang terorisme, membangun kewarganegaraan yang setara, memperkuat hubungan Timur dan Barat, dan memperjuangkan hak perempuan, anak, dan kelompok rentan.

Di tengah dunia yang penuh dengan konflik dan perpecahan, Dokumen Abu Dhabi bagaikan peta jalan yang berharga untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi semua orang. Dokumen ini mengajak semua orang, regardless of their religious beliefs, to work together towards a world where peace and fraternity prevail.

Dokumen ini merupakan seruan kuat untuk persatuan dan kerjasama antarumat beragama, dan menjadi inspirasi bagi semua orang yang ingin membangun dunia yang lebih toleran dan damai.

Komentar