Apa Itu Ajaran Sosial Gereja? Agama Katolik Kelas 11 SMA/SMK

Apa itu ajaran sosial Gereja?

Jawaban:

Ajaran Sosial Gereja (ASG) adalah kumpulan prinsip dan pedoman yang dikeluarkan oleh Gereja Katolik untuk membantu umat memahami dan bertindak dalam berbagai isu sosial, ekonomi, dan politik.

Penjelasannya:

Ajaran Sosial Gereja (ASG) adalah panduan penting bagi umat Katolik untuk memahami dan bertindak dalam berbagai isu sosial, ekonomi, dan politik. ASG berlandaskan pada nilai-nilai Injil seperti kasih, keadilan, dan solidaritas, dan bertujuan untuk membangun dunia yang lebih adil dan sejahtera bagi semua orang.

ASG muncul pada abad ke-19 sebagai respons terhadap berbagai masalah sosial yang diakibatkan oleh Revolusi Industri, seperti kemiskinan, eksploitasi buruh, dan ketidaksetaraan. Para Paus mulai mengeluarkan ensiklik (surat resmi) yang membahas isu-isu ini dan menawarkan solusi berdasarkan nilai-nilai Kristiani.

Prinsip-prinsip utama ASG meliputi:
  • Setiap manusia memiliki martabat yang luhur karena diciptakan menurut citra Allah.
  • Kita semua adalah satu keluarga manusia dan harus saling membantu.
  • Setiap orang berhak mendapatkan kesempatan yang sama dan hidup sejahtera.
  • Urusan yang dapat diselesaikan pada tingkat yang lebih kecil (individu, keluarga, komunitas) tidak boleh diserahkan kepada tingkat yang lebih tinggi (pemerintah).
  • Kesejahteraan semua orang harus menjadi tujuan utama masyarakat.

ASG dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti:
  • Mendorong sistem ekonomi yang adil dan berkelanjutan yang memprioritaskan kesejahteraan manusia daripada keuntungan semata.
  • Mendorong partisipasi politik yang bertanggung jawab dan memperjuangkan kebijakan yang adil dan pro-rakyat.
  • Melawan kemiskinan, diskriminasi, dan ketidakadilan; serta mempromosikan perdamaian dan hak asasi manusia.

Contoh penerapan ASG dapat dilihat dalam kecaman Paus Fransiskus terhadap kondisi kerja buruh di Banglades. Paus Fransiskus menggunakan suaranya untuk menyuarakan ketidakadilan yang dihadapi para buruh dan menyerukan perubahan sistem yang lebih adil.

Komentar